INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Berbohong Demi Kebaikan dalam Islam, Boleh Nggak Ya?

11 November, 2020 13:00 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Berbohong Demi Kebaikan dalam Islam, Boleh Nggak Ya?

Foto: Istimewa

PADA prinsipnya berbohong atau berperilaku tidak jujur dilarang dalam Islam. Al-Quran dan Al hadits secara tegas mencela mereka yang suka berbohong. Al-Quran menganggap berbohong adalah perilaku orang yang tidak beriman.


Namun berbohong untuk hal mendatangkan perdamaian adalah diperbolehkan. Atau bahkan bisa saja wajib berbohong jika untuk membela nyawa seseorang yang dianiaya menjadi dianjurkan.


Sebab itulah, dalam konteks mendamaikan dua golongan yang sedang berselisih adalah diperbolehkan. Sabda Nabi sebagai berikut:

وقال صلى الله عليه وسلم لم يكذب من نمى بين اثنين ليصلح وفي رواية ليس با الكاذب من أصلح بين الناس فقال خيرا او نمى خيرا

Rasulullah bersabda: Bukan berdusta orang yang menyampaikan berita bohong untuk mengadakan perdamaian di aatara dua golongan. Dalam satu riwayat lain, bukan pendusta orang yang mendamaikan antara dua golongan, baik ia berkata benar, atau menyampaikan kebaikan.


Tentunya keterangan tersebut tidak bersebrangan dengan ajaran dalam Al-Qur’an. Semisal disebutkan dalam surat Al-Anfal bahwa memperbaiki hubungan sesama manusia adalah perihal yang dianjurkan oleh Allah. Jika jalan keluarnya hanya bisa dengan memanipulasi keadaaan (berbohong), maka berbohong yang seperti itulah yang diperbolehkan oleh agama. Tersurat dalam QS Al-Anfal ayat 1:

فَاتَّقُوا اللَّهَ وَأَصْلِحُوا ذَاتَ بَيْنِكُمْ

Bertakwalah kepada Allah dan perbaikilah perhubungan di antara sesamamu. (HAP)

 

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA HALAL LAINNYA

INSPIRA HALAL
Kaya Dalam Islam Diperbolehkan?

24 November, 2020 | 10:22 WIB

ARTIKEL PILIHAN