INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Sultan Tinjau Barak Pengungsian Merapi, Beri Pesan Penting

12 November, 2020 10:12 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Sultan Tinjau Barak Pengungsian Merapi, Beri Pesan Penting

Foto: Nuzul Nugraheni/Inspira TV

SLEMAN INSPIRA.TV,- â€‹Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, mengunjungi barak pengungsian Gunung Merapi di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY. Dalam kunjungannya ini, Sultan mengingatkan perlunya protokol kesehatan diterapkan di sana.


Peninjauan dilakukan untuk memastikan kebutuhan pengungsi yang telah dievakuasi sejak peningkatan status Gunung Merapi itu terpenuhi. Terlebih, sebagian besar pengungsi yang memang merupakan kelompok rentan didominasi warga lanjut usia.


Sultan turut mengimbau pengungsi untuk tetap menerapkan protokol kesehatan demi mengecah penularan Covid-19. Adapun jumlah masyarakat yang telah dievakuasi di barak pengungsian, berjumlah sebanyak 185 jiwa yang merupakan kelompok rentan. 


Sultan juga meminta BPPTKG untuk memaparkan kondisi dan potensi yang ada di gunung merapi saat ini secara jelas dan transparan. Hal ini agar tak ada salah informasi kepada masyarakat, sehingga tidak menimbulkan kepanikan. 


"Semua instansi terkait untuk melakukan koordinasi dengan baik tentang ancaman bahaya erupsi merapi. Supaya kejadian saat erupsi merapi di tahun 2010 tidak terulang kembali," pesan Sultan.


Di setiap lokasi pengungsian, Sultan melanjutkan, harus ada satu ruangan khusus yang dikosongkan untuk keperluan karantina. Tujuannya, mengantisipasi apabila ada masyarakat yang terpapar Covid-19.  


Pada kunjungan itu, Sri Sultan didampingi Bupati Sleman Sri Purnomo turut menyalurkan bantuan logistik bagi pengungsi. Di antaranya 50 buah family kit, 2.500 buah masker, 100 paket vitamin, 60 paket makanan siap saji, 100 buah selimut, 30 lembar terpal, dan 100 paket kelambu. (HAP)

You can share this post !