INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

KPI dan Pemerintah Minta ASO Dipercepat dan Tinggalkan Teknologi Analog

12 November, 2020 13:37 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - KPI dan Pemerintah Minta ASO Dipercepat dan Tinggalkan Teknologi Analog

Foto : Masnurdiansyah/ Doc Inspira.TV

BEKASI INSPIRA.TV,- Rakornas Asosiasi Televisi Siaran Digital Indonesia (ATSDI) tahun 2020 dimuali dan mendapatkan dukungan penuh dari pihak Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Hal itu terungkap dalam agenda kegiatan pembukaan yang dilaksanakan di Grand Ballroom Hotel Grand Zuri, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/11/2020).

 

Ketua KPI Pusat, Agung Suprio, menyatakan, pihaknya mendukung penuh langkah ATSDI untuk mewujudkan ASO dalam waktu yang telah ditentukan. Hal ini demi terwujudnya kemajuan dunia siaran televisi di Indonesia.

 

Secara jelas KPI memang mendukung secara penuh terhadap tujuan ATSDI untuk mengalihkan siaran televisi dari analog ke digital.

 

“KPI mendukung penuh langkah ATSDI untuk mewujudkan ASO dari waktu yang telah ditentukan selama 2 tahun kedepan. Dan ini sudah ada kejelasan dan harus segera berbenah diri. Karena seperti yang pihak Menkominfo tadi sampaikan kalau bisa lebih cepat itu lebih baik,” kata Agung via daring.

 

Hal yang paling disoroti oleh Agung adalah soal konten tayangan. ATSDI harus mampu menghasilkan konten-konten yang mampu bersaing dengan media-media yang sudah ada ataupun yang baru. Menurutnya tantangan terbesar dalam dunia digital adalah penayangan konten yang dikemas dengan sangat kreatif.  

 

“Termasuk tentang konten kepada ATSDI mampu bersaing dengan menayangkan konten yang penuh dengan kreatifitas. Dan ini merupakan tantangan untuk bersaing dengan media sesamanya,” tutur Agung.

 

“ATSDI harus berkompetisi dengan media baru yang muncul, karena media baru memang tanpa regulasi seperti media mainstream. Ini nafas baru bagi dunia pertelevisian untuk negara kita,” lanjutnya.

 

Sementara itu Tim Ahli dari Wakil Presiden Republik Indonesia,  Nurdin Tampubolon turut menyatakan dukungan terhadap ATSDI untuk segara melakukan ASO. Indonesia sudah waktunya untuk meninggalkan dunia analog, karena perkembangan zaman yang semakin canggih. Indonesia menurutnya sudah tertinggal jauh akan hal itu.

 

“Jangan lagi menggunakan teknologi analog lagi, negara luar sudah tidak ada lagi yang pakai itu cuman Indonesia aja yang masih pakai itu. Pesan kami kepada siaran digital kami mendukung sebagaimana yang diterapkan oleh Presiden Jokowi bagaimana ini bisa menguntungkan bangsa dan negara ,” tambah Nurdin. (MSN)

You can share this post !