INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Pemprov Jabar Resmi Kembangkan KEK Rebana Metropolitan

17 November, 2020 14:11 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV -  Pemprov Jabar Resmi Kembangkan KEK Rebana Metropolitan

Foto: Dok. Humas Pemprov Jabar

BANDUNG INSPIRA.TV,- Pemerintah Provinsi Jawa Barat resmi meluncurkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di wilayah timur Jabar, bernama Rebana Metropolitan.


Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, kawasan ini dibangun bersama tujuh bupati/wali kota dan merupakan kawasan metropolitan ketiga yang dimiliki Jabar 


"Hari ini kami resmi meluncurkan Rebana Metropilitan, kawasan metropolitan ketiga di Jabar setelah Bodebek (Bogor, Depok, Bekasi), dan Badung Raya. Kawasan ini akan didesain dari awal dengan terencana dan sustainable," ungkap Emil, sapaan Ridwan Kamil selepas menghelat West Java Investment Summit (WJIS) 2020 di Hotel Savoy Homann Bandung, Senin (16/11/2020). 


Kawasan ini membentang seluas 43,913 hektare yang meliputi 7 kota/kabupaten di Jabar. Ketujuh daerah tersebut adalah Cirebon, Subang, Majalengka, Indramayu, Kuningan, Sumedang, dan Cirebon.


Rencananya di dalamnya akan terdapat Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, serta Pelabuhan Patimban di Subang. Keduanya berfungsi sebagai pusat lalu lintas logistik dan transportasi untuk mendukung keberlangsungan ekonomi wilayah.  


Dalam peluncuran tersebut, Emil menandatangani MoU dengan ketujuh kepala kota/kabupaten yang masuk ke dalam wilayah Rebana Metropolitan. Dia mengatakan, megaproyek tersebut akan mampu mendatangkan 5 juta pekerjaan pada akhir 2030 hingga mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Jabar. 


Selain itu, dia meminta para penduduk lokal dapat berpartisipasi dalam pembangunan kawasan tersebut. Keterlibatan penduduk lokal, kata Emil, adalah prioritas.


"Saya tidak mau penduduk lokal hanya menjadi penonton di rumahnya sendiri. Untuk itu, saya meminta agar pengembangan SDM dilakukan dengan perspektif regional," ungkapnya.


Terdapat setidaknya 13 kawasan industri tematik yang berada di 7 kabupaten/kota di wilayah Metropolitan Rebana. Salah satunya adalah Subang Smartpolitan, yang juga diluncurkan hari ini.


Menurut Emil, Metropolitan Rebana ke depannya akan dikembangkan menjadi kota yang ramah dan nyaman untuk ditinggali. (HAP)

You can share this post !