INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Ini Kriteria Calon Kapolri Baru Kata Kompolnas

01 December, 2020 12:20 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Ini Kriteria Calon Kapolri Baru Kata Kompolnas

Foto : Ilustrasi

JAKARTA INSPIRA.TV,- Kapolri Idham Azis akan pensiun pada tanggal 1 Februari 2021. Namun masih menjadi teka-teki tentang siapa sosok dari calon pengganti jenderal kelahiran Sulawesi Selatan (Sulsel), 57 tahun silam itu,

 

Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti mengungkapkan, kriteria calon Kapolri ke depan harus bisa memiliki visi yang visioner dalam meningkatkan kinerja. Yakni membangun sinergi dengan TNI (Tentara Nasional Indonesia) maupun Kementerian atau Lembaga.

 

Pak Kapolri Idham Azis baru akan pensiun 1 Februari 2021. Nah, kami akan serahkan pada Presiden dalam waktu ke depan. Tentu ini bukan menyangkut junior dan senior, tapi ini masalah kepercayaan Presiden. Jadi kita harus hormati keputusan presiden - ujar Poengky, dikutip dari RRI, Selasa (1/12/2020).

 

Lebih lanjut, dia menjelaskan, calon Kapolri yang di seleksi ini dengan pertimbangan mampu mengatasi persoalan Covid-19, ekonomi, terorisme, dan kelompok-kelompok intoleran.

 

Dalam menyerahkan rekomendasi nama calon Kapolri itu, terang Poengky, Kompolnas akan melihat rekam jejak dari para pejabat Polri selama bertugas sebagai prajurit Korps Bhayangkara.

 

Dia juga menegaskan jika hal itu tetap merujuk Pasal 11 ayat (6) UU Nomor 2 Tahun 2002, kriteria calon Kapolri adalah perwira tinggi Kepolisian Negara Republik Indonesia yang masih aktif dengan memperhatikan jenjang kepangkatan karier.

 

Kapolri ke depan diharapkan mampu mengatasi seperti itu, kalau saya lihat dari kerangka besarnya - terang Poengky. (MSN)

You can share this post !