INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Luncuran Lava Pijar Capai 3.000 Meter, Warga di Lereng Gunung Semeru Kembali Ngungsi

02 December, 2020 11:44 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Luncuran Lava Pijar Capai 3.000 Meter, Warga di Lereng Gunung Semeru Kembali Ngungsi

Foto : Istimewa

JATIM INSPIRA.TV,- Ratusan warga yang tinggal di lereng Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengungsi akibat luncuran guguran lava pijar yang mencapai 3.000 meter.

 

"Luncuran lava pijar dari kawah Jonggring Saloko Gunung Semeru jaraknya semakin jauh dari 1.000 menjadi 3.000 meter ke arah Besuk Kobokan," kata Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang Wawan Hadi Siswoyo, Rabu (2/12/2020).

 

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan akibat muntahan lava pijar Gunung Semeru, pihak BPBD Lumajang mengimbau masyarakat mengungsi ke titik aman dengan arahan petugas BPBD.

 

"Beberapa pengungsian sempat tersebar di beberapa lokasi, namun pagi ini kami akan fokuskan di satu tempat untuk memudahkan penanganan," tuturnya.

 

Menurutnya, BPBD akan mendirikan posko pengungsian dan dapur umum di lapangan Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, karena diprediksi warga yang terdampak lava pijar Gunung Semeru sekitar 500 orang.

 

"Untuk jumlah pastinya kami masih melakukan assesment di lapangan karena keselamatan warga prioritas utama," katanya.

 

Ia menjelaskan warga sempat mengungsi di Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru di Gunung Sawur, namun sebagian warga pagi tadi sudah kembali ke rumahnya.

 

Berdasarkan rilis PVMBG menyebutkan pengamatan visual menunjukkan adanya kenaikan jumlah gempa guguran dan beberapa kali awan panas guguran. Kenaikan tersebut diakibatkan oleh adanya ketidakstabilan kubah lava di bagian puncak.

 

Dari kegempaan hingga 1 Desember 2020 pukul 06.00 WIB didominasi oleh vempa guguran dan beberapa kali gempa awan panas guguran. (MSN)

You can share this post !