INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Vaksin Covid-19 Sinovac Disimpan di Bio Farma

07 December, 2020 11:06 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Vaksin Covid-19 Sinovac Disimpan di Bio Farma

Foto: Dok. Humas Pemprov Jabar

BANDUNG INSPIRA.TV,- Sebanyak 1,2 juta vaksin Covid-19 tiba di Tanah Air pada Minggu malam, (6/12/2020). Sebelumnya, vaksin buatan Sinovac tersebut dibawa dari Beijing, Republik Rakyat Tiongkok dengan menggunakan pesawat _charter_ dari maskapai Garuda Indonesia.  


Pagi tadi, pesawat jenis Boeing 777-300 ER dengan nomor registrasi PK-GIC tersebut lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 05.30 WIB.  


Pesawat dengan nomor penerbangan GA890 tersebut mendarat di Bandara Beijing Capital International sekitar pukul 13.00 waktu setempat. Setelah itu, otoritas setempat melakukan pengecekan kelengkapan administrasi.


Biro Pers Sekretariat Presiden dalam keterangan persnya menyebutkan, vaksin tersebut sebelumnya telah dikemas menggunakan tempat penyimpanan khusus berupa Envirotainer untuk menjaga kualitas vaksin. Sebanyak 1,2 juta vaksin dalam 7 Envirotainer selanjutnya dimasukan ke bagasi pesawat.


Pesawat kemudian lepas landas dari Bandara Beijing Capital International sekitar pukul 15.30 waktu setempat dan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sekitar pukul 21.25 WIB.


Setibanya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Envirotainer akan dibawa ke _warehouse_ Garuda untuk dilakukan pengisian ulang daya. Setelah itu, vaksin kemudian akan langsung dibawa ke Bio Farma di Kota Bandung.


Setelah menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 3 jam, rangkaian kendaraan pembawa vaksin tiba di Bio Farma sekitar pukul 03.45 WIB. Vaksin kemudian dipindahkan dari Envirotainer untuk disimpan di cool room dengan suhu 2-8 derajat celcius. Ruangan tersebut telah disterilisasi dan disiapkan khusus untuk menyimpan vaksin Covid-19.


Vaksin kemudian akan dilakukan pengambilan sampel untuk pengujian mutu oleh tim dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Bio Farma.


Dalam pernyataan yang disampaikan pada saat meninjau simulasi vaksinasi di Puskesmas Tanah Sareal, Kota Bogor,, Presiden Joko Widodo mengingatkan bahwa vaksin memang akan melalui sejumlah tahapan sebelum diberikan. (JOB-01/HAP)

You can share this post !