INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Kata Menkes Terawan BPOM Segera Setujui Izin Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19

07 December, 2020 11:52 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Kata Menkes Terawan BPOM Segera Setujui Izin Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19

Foto : Istimewa

BANDUNG INSPIRA.TV,-  Pihak dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) segera untuk menyetujui penggunaan izin darurat atau emergency use authorization (EUA) vaksin Covid-19 dari Sinovac.

 

"Vaksin akan segera dilakukan persetujuan untuk penggunaan EUA-nya oleh BPOM, sesuai dengan scientific dan ketentuan perundangan-undangan," kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam keterangan di kanal Kemkominfo TV di Youtube, Senin (7/12/2020).

 

Pemerintah akan menjadikan vaksin sebagai salah satu strategi penanggulangan pandemi Covid-19 yang terjadi sekarang. Dirinya memastikan, pemerintah hanya akan menyediakan vaksin yang terbukti aman dan lolos uji klinis sesuai rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

 

Menurut Terawan, vaksinasi ini merupakan langkah intervensi untuk memutus rantai penularan Covid-19.

 

Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 yang tiba di Indonesia merupakan bagian dari pengadaan bagian tahap pertama sebanyak 3 juta dosis jenis Sars Cov-2. Pemerintah juga telah memeriksa kualitas vaksin, termasuk dokumen vaksin arrival report, serta pemeriksaan fisik barang. Ia pun memastikan, pemeriksaan fisik barang dilakukan secara teliti dan cermat.

 

"Sehingga kita yakin bahwa status vaksin yang diterima dalam kondisi baik, tidak ada kemasan atau isi yang rusak, dan suhu selama perjalanan atau pengiriman sesuai dengan prosedur. Kalau ada barang yang rusak atau prosedur tidak sesuai segera kita akan sampaikan ke penyedia vaksin dengan melampirkan vaksin arrival report-nya," jelas Terawan. (MSN)

You can share this post !