INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Kata Tim Satgas, Meskipun Ada Varian Baru Covid-19 Vaksin Masih Efektif

29 December, 2020 14:12 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Kata Tim Satgas, Meskipun Ada Varian Baru Covid-19 Vaksin Masih Efektif

Foto : Istimewa

BANDUNG INSPIRA.TV,- Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, vaksin yang sedang dikembangkan saat ini masih efektif untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan mewujudkan kekebalan komunitas atau herd immunity.

 

Munculnya varian baru virus corona yang mulai melanda beberapa negara di dunia tentu saja membuat masyarakat lebih khawatir.

 

"Mutasi virus atau strain virus yang baru ini sedang terus diteliti belum ada indikasi menyebabkan ketidakefektifan vaksin. Vaksin yang sedang dikembangkan sekarang masih bisa dinilai efektif untuk bisa digunakan dalam rangka untuk mencapai herd immunity " kata Wiku di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (29/12/2020).

 

Meskipun begitu, Wiku mengatakan untuk Indonesia masih harus terus melihat perkembangan ilmu pengetahuan berkaitan dengan varian baru Covid-19. Ia pun kembali mengingatkan bahwa tidak ada yang bisa memastikan kapan pandemi Covid-19 ini akan berakhir.

 

"Bahwa virus ini secara alamiah memang selalu melakukan mutasi pada saat melakukan penularan," ujarnya. "Jadi sebenarnya kalau kita ingin mencegah virus ini supaya tidak mutasi, maka jangan diberikan kesempatan untuk bisa menular dari manusia ke manusia," tuturnya.

 

Adapun varian baru dari virus corona SARS-CoV-2 telah diidentifikasi di Inggris bagian tenggara. Varian baru penyebab penyakit Covid-19 itu diberi nama "VUI-202012/01".

 

Varian baru virus corona disebut bisa menyebar dengan lebih cepat di beberapa bagian wilayah negara Inggris. Hingga tanggal 13 Desember 2020, terkonfirmasi setidaknya sudah ada 1.108 kasus dengan varian ini. Kejadian itu telah diidentifikasi di wilayah Inggris bagian selatan dan timur.

 

Meski belum ada bukti bahwa strain ini berdampak pada keparahan penyakit, respons antibodi, atau pengaruhnya pada kemanjuran vaksin, kasus yang disebabkan varian baru terus meningkat. Ini perkembangan seputar temuan varian baru virus corona di Inggris yang telah diketahui sejauh ini. (MSN) 

You can share this post !