INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

1,8 Juta Vaksin Covid-19 Tahap II Tiba di Indonesia

31 December, 2020 12:10 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - 1,8 Juta Vaksin Covid-19 Tahap II Tiba di Indonesia

Foto : Ilustrasi

JAKARTA INSPIRA.TV,- 1,8 juta dosis vaksin Covid-19 Sinovac kembali datang ke Indonesia, pada Kamis (31/12/2020). Ini adalah kelanjutan dari tahap awal pengadaan vaksin Sinovac dalam rangka penanganan Covid-19. 

 

"Dengan ketibaan ini, maka sudah 3 juta vaksin Sinovac berada di Indonesia," kata Retno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

 

Sebelumnya, sudah ada 1,2 juta dosis vaksin ke Tanah Air. Saat ini 1,2 juta vaksin Sinovac tersebut tengah menjalani uji klinik dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) agar bisa digunakan nanti.

 

Selain itu, Indonesia juga telah berkomitmen untuk membeli masing-masing 50 juta dosis vaksin Covid-19 dari Astra Zeneca dan Novavax. Komitmen tersebut ditandai dengan penandatanganan yang dilakukan antara Novavax dan Indo Farma serta Astra Zeneca dan Bio Farma yang disaksikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi.

 

"Selain vaksin Sinovac, hari ini kita juga berhasil mengamankan suplai vaksi yaitu dari Astra Zeneca dan Novavax masing-masing sebesar 50 juta dosis," kata dia.

 

Retno menjelaskan, upaya mendapatkan vaksin tersebut merupakan langkah diplomasi yang dilakukan Kementerian Luar Negeri untuk membuka akses kerja sama dengan berbagai pihak.

 

Dalam rangka pengamanan kebutuhan dalam negeri, kata Retno, pihaknya menggunakan dua track, yakni track bilateral yang berasal dari berbagai macam kerja sama serta track multilateral yaitu melalui WHO, GAVI, dan lainnya.

 

"Hasilnya seperti yang diketahui, 1,2 juta vaksin Sinovac sudah tiba di Indonesia. Besok Insya Allah 1,8 juta juga akan tiba di Indonesia," terang dia. (MSN) 

 

 

You can share this post !