INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Waduh! Angka Kemiskinan Baru di Sumedang Bertambah Capai 48.000 KK

06 January, 2021 10:36 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Waduh! Angka Kemiskinan Baru di Sumedang Bertambah Capai 48.000 KK

Foto : Istimewa/ Dok Pemkab Sumedang

BANDUNG INSPIRA.TV,-  Semenjal dilanda situasi pandemi Covid-19, angka kemiskinan baru di Kabupaten Sumedang bertambah, bahkan angkanya mencapai 48.000 Kepala Keluarga (KK).

 

"Semula data kemiskinan di Sumedang berjumlah 132.000 kepala keluarga (KK). Setelah pandemi Covid-19 menjadi 180.000 KK atau bertambah 48.000 KK," kata Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir, Rabu (6/1/2021).

 

Menurut Dony, penambahan data yang merupakan kategori miskin baru, akibat hilangnya mata pencaharian warga selama pandemi Covid-19.

 

Dalam mengatasi persoalan tersebut, Pemkab Sumedang bersama Pemerintah Pusat, Provinsi, sampai desa ditambah kolaborasi pentahelix ikut berperan menangani Covid-19 di Kabupaten Sumedang

 

Khusus di sektor ekonomi, Pemkab Sumedang telah melakukan kajian dan analisis dalam mengatasi dampak ekonomi akibat covid dalam empat tahapan. Yaitu rescue (penyelamatan), recovery (pemulihan), stabilization (penyetabilian) dan terakhir development (pengembangan).

 

"Rescue ini ada jaringan pengaman sosial berupa bantuan tunai dan subsidi lainnya. Pada fase recovery dipusat ada banpres untuk produktif, kemudian ada beberapa skema untuk membantu para tenaga kerja termasuk untuk sektor pariwisata," ungkapnya.

 

Untuk menggerakan kegiatan ekonomi pasar agar kembali hidup, dianggaran perubahan telah mengalokasikan pembangunan sarana-sarana protokol kesehatan (prokes) di pasar-pasar.

 

"Kegiatan ekonomi ini harus didukung oleh kesadaran masyarakat untuk melaksanakan program 3 (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak). Dengan demikian masyarakat tetap produktif namun aman dari Covid. Sehingga pada akhirnya upaya yang kami lakukan, dapat mengurangi angka kemiskinan," kata dia. (MSN) 

You can share this post !