INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Cor Saluran Limbah 5asec Laundry

08 January, 2021 15:40 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Satgas Citarum Harum Sektor 22 Cor Saluran Limbah 5asec Laundry

Foto: Boby Roska/ Dok Inspira.TV

BANDUNG INSPIRA.TV,- Tegakkan perpres No. 15 tahun 2018, Satgas Citarum Harum sektor 22 lakukan pengecoran saluran limbah 5asec Laundry yang berlokasi di Jalan L.L.R.E. Martadinata No. 58, Kota Bandung, pada Jumat (8/1/2021).


Dansektor 22 Kol. Inf. Eppy Gustiawan mengatakan, tempat usaha bernama 5asec tersebut sebelumnya sudah disidak pada awal Desember lalu. Pihaknya sudah memberikan waktu bagi 5asec untuk membenahi proses pengolahan limbahnya. Namun bukannya melakukan perbaikan, pihak 5asec tidak berupaya secara optimal dalam mendukung Citarum Harum.


"Seperti kita lihat bersama, 5asec laundry ini tidak mau dan tidak peduli untuk memperbaikinya. Padahal sudah diberikan toleransi serta dikasih waktu dan pembinaan juga pendampingan masih belum ada upaya, maka kami lakukan pengecoran," tegasnya.


Satgas Citarum Harum Sektor 22 menyayangkan sikap dari pihak 5asec laundry, yang tidak mengindahkan himbauan dan arahan yang diberikan oleh Dansektor 22.


"Kita sudah ingatkan, kita edukasi, pembinaan dan lain-lain soal tujuan dari Citarum Harum ini. Tapi pada kenyataannya mereka ini kurang perhatian," tutur Eppy.


Dalam proses pengecoran pipa saluran pembuangan limbah, dilakukan langsung oleh Dansektor 22 yang disaksikan pihak kelurahan dan pegawai 5asec.


"Kita lihat dalam waktu dua minggu ke depan, seperti apa upaya 5asec ini untuk melakukan perubahan. Lebih cepat lebih bagus," ujarnya.


Dikatakan Eppy, tindakan tegas yang dilakukan Satgas Citarum Harum ini, untuk memberikan pembinaan kepada para pelaku usaha yang masih melakukan tindakan pelanggaran lingkungan.


"Jika memang sudah dilakukan pembinaan namun tidak dilaksanakan dengan baik, maka jalan akhirnya akan dilakukan penindakan". Tegasnya.


Kepada para pelaku usaha, lanjut Eppy, untuk mematuhi aturan jangan sampai perkara limbah berdampak buruk bagi lingkungan.


"Untuk semua pelaku usaha agar mengikuti aturan yang ada serta memperhatikan lingkungan," kata Eppy.


Sementara itu, Doddy selaku Supervisor 5asec Laundry menyampaikan, pihaknya akan segera menyiapkan saluran limbah yang laik buang sesuai baku mutu dan memprosesnya dengan benar.


"Waktu 2 minggu yang diberikan tersebut, akan kami maksimalkan untuk membangun sarana pengolahan IPAL, sehingga limbah yang dihasilkan laik buang sesuai arahan dari satgas citarum," ujarnya. (BOB/HAP)

You can share this post !