INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Forum Keraton Nusantara Tegaskan Keraton Agung Sejagat Tidak Terdaftar

Udin Pepeh

16 January, 2020 17:38 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Forum Keraton Nusantara Tegaskan Keraton Agung Sejagat Tidak Terdaftar

Oleh : Udin Pepeh


CIREBON,- Forum Silahturahmi Keraton Nusantara (FSKN) memastikan jika Keraton Agung Sejagat tidak terdaftar dalam FSKN secara resmi.


Ketua Umum FSKN , Pangeran Raja Adipati Arief Natadingrat, merasa terkejut dengan kemunculan keraton yang mengklaim keturunan Majapahit. 


Bahkan Adipati tambah tercengang ketika mengetahui misi dari keraton tersebut, untuk mendamaikan dunia.


“ Pertama kita kaget ya di era sekarang ini di NKRI ada keraton baru kita tahu bahwa saat Indonesia merdeka dulu ada 200 lebih kerajaan dan kesultanan yang terdaftar pada kemerdekaan Indonesia tahun 1945,” ungkap sang Pangeran, saat ditemui wartawan di Keraton Cirebon, Kamis (16/1/2020).


Bahkan secara tegas Arief menyatakan jika Keraton Agung Sejagat tidak terdaftar secara resmi di Indonesia.


“Nah keraton itu (Agung Sejagat) tidak terdaftar didalamnya,” tegas Sultan Sepuh ke 14 keraton Kasepuhan Cirebon tersebut.


Arief pun membantah jika klaim yang dilontarkan Keraton Sejagat sebagai keturunan Kerajaan Majapahit tidak benar adanya.


“Dia menyatakan bahwa keturunan dari Syailendra dan Dinasti Madang jadi itu abad ke 7 dan ke 8 jauh sekali sudah terpelihara keturunannya,”tuturnya.


“ Katanya juga dia keturunan Majapahit, nah Majapahit runtuh jadi Demak , Demak runtuh menjadi Pajang, Pajang runtuh jadi Mataram, Mataram runtuh jadi Surakarta dan Yogyakarta. Jadi Indonesia ini lahir yang ada ya Surakarta dan Yogyakarta, gak ada itu Keraton Agung Sejagat,” tambahnya.


Arief melanjutkan sebuah kerajaan tidak bisa secara sembarangan menyatakan dan mengklaim dengan asal-usul yang tidak jelas.


“Kita sangat prihatin dengan ini,” sesal Arief.


Sultan sepuh pun meminta agar pemerintah bisa dengan tegas mentertibkan nama-nama keratin yang tidak terdaftar dan membuat resah masyarakat. (GGP)

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN