INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Ini Rencana BPOM Terbitkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19

11 January, 2021 09:07 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Ini Rencana BPOM Terbitkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19

Foto : Ilustrasi

BANDUNG INSPIRA.TV,- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use of authorization (EUA) vaksin Covid-19 buatan Sinovac.

 

Vaksinasi di Indonesia, rencananya dimulai pada Rabu (13/1/2021) mendatang, sementara EUA vaksin Sinovac kabarnya akan diberikan sebelum tanggal vaksinasi.  Sehingga, diperkirakan EUA akan diberikan pada hari ini, Senin (11/1/2021) atau Selasa (12/1/2021) besok.

 

"Alhamdulillah kami bersyukur karena ada keyakinan yang semakin besar sampai dengan hari ini, sehingga masih bisa dipastikan (EUA) akan keluar sebelum tanggal 13 Januari," ujar Kepala BPOM Penny K Lukito, Senin (11/1/2021).

 

BPOM sendiri telah melakukan rapat bersama Tim Komisi Evaluasi untuk menilai vaksin buatan China tersebut, Minggu (10/1/2021). Tapi, belum ada keputusan dari rapat itu.

 

Adapun orang yang pertama kali mendapatkan vaksin Sinovac ialah Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama kabinetnya, pada 13 Januari 2021. Setelah itu, vaksin diberikan kepada para tenaga kesehatan (nakes).

 

Sementara itu, Presiden RI Jokowi sendiri ingin agar program vaksinasi segera dilakukan.

 

"Kita ingin vaksinasi dimulai secepat-cepatnya setelah BPOM menerbitkan izin penggunaan darurat, emergency use of authorization, sesuai dengan kaidah-kaidah akademis dan standar WHO," ujar Jokowi, Minggu (10/1) kemarin. (MSN) 

You can share this post !