INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Musim Penghujan, Islam Mengajarkan Kita Untuk Menjaga Kebersihan

11 January, 2021 12:09 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Musim Penghujan, Islam Mengajarkan Kita Untuk Menjaga Kebersihan

Foto: Ilustrasi

Saat memasuki bulan- bulan musim hujan, tentu kita semua harus senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita. 


Agama Islam memperhatikan aspek kebersihan dan kesucian. Kebersihan diri dan lingkungan sangat penting dalam keberlangsungan hidup makhluk Allah di bumi ini yang senantiasa harus dijaga dan dilestarikan. 


Kesehatan menjadi sesuatu yang sangat mahal harganya. Oleh karena itu kita sebagai manusia yang berakal harus mencegahnya yang salah satu upayanya adalah untuk menjaga lingkungan sekitar. 


Dari Aisyah RA, Rasulullah bersabda: "Islam itu agama yang bersih, maka hendaklah kamu menjadi orang yang bersih. Sesungguhnya tidak akan masuk surga, kecuali orang-orang yang bersih. (HR Thabrani).


Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 222 : 

وَ يَسۡـــَٔلُوۡنَكَ عَنِ الۡمَحِيۡضِ‌ۙ قُلۡ هُوَ اَذًى فَاعۡتَزِلُوۡا النِّسَآءَ فِى الۡمَحِيۡضِ‌ۙ وَلَا تَقۡرَبُوۡهُنَّ حَتّٰى يَطۡهُرۡنَ‌‌ۚ فَاِذَا تَطَهَّرۡنَ فَاۡتُوۡهُنَّ مِنۡ حَيۡثُ اَمَرَكُمُ اللّٰهُ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيۡنَ وَيُحِبُّ الۡمُتَطَهِّرِيۡنَ 


Artinya : 

Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, "Itu adalah sesuatu yang kotor." Karena itu jauhilah istri pada waktu haid; dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri.


Ayat tersebut mengingatkan kita untuk tetap bersih dan suci yang mencerminkan sebagian dari iman kita. Dengan senantiasa mensucikan diri berarti kita telah menunjukan rasa cinta kita kepada Allah SWT. (JOB-01/HAP)

You can share this post !