INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Bupati Sumedang Tinjau TKP Longsor yang Telah Belasan Korban Jiwa

11 January, 2021 14:08 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Bupati Sumedang Tinjau TKP Longsor yang Telah Belasan Korban Jiwa

Foto: Istimewa/ Basarnas Bandung

SUMEDANG INSPIRA.TV,– Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir melakukan inspeksi ke lokasi longsor di Cimanggung, Kabupaten Sumedang.


“Saya memantau dan meninjau langsung perkembangan dan penanganan bencana longsor di Cimanggung. Pencarian dan evakuasi dilakukan lagi pagi tadi setelah semalam dihentikan pada pukul 01.00. Hari ini dilakukan pencarian oleh tim dari TNI, Polri, Basarnas, BPBD, Tagana Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Satpol PP, relawan dan lain-lain,” tulisnya di akun Instagram.

 

Dony menuturkan, guna melakukan penanganan lanjutan terkait bencana longsor, sejumlah posko saat ini sudah didirikan “Untuk penanganan korban, posko dipusatkan di SMA Cimanggung, juga ada posko dapur umum, kesehatan, dan lainnya,” lanjutnya.

 

Usai musibah longsor tersebut, Bupati Sumedang menegaskan akan fokus terlebih dahulu pada evakuasi dan pencarian. Disisi lain dia juga mengimbau agar petugas dan sejumlah pihak yang melakukan evakuasi agar waspada terhadap potensi longsor susulan.

 

“Sekarang fokus ke pencarian dan evakuasi. Kepada petugas dan relawan utamakan keselamatan dan selalu waspada terjadi longsor susulan. Begitu juga kepada warga untuk tidak mendekat ke lokasi bencana,” tuturnya.

 

Dalam kesempatan itu Dony  juga mengaku bahwa sejak tahun lalu dia telah meminta Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPTSP) untuk menghentikan izin pembangunan rumah di lokasi rawan bencana.

 

“Untuk penanganan lainnya, ada tim yang melakukan kajian. Pemerintah pasti melakukan evaluasi dan mengkaji izin yang dikeluarkan sebelumnya. Tahun lalu, saya meminta ke bagian perizinan untuk menyetop izin pembangunan rumah, perumahan di lokasi yang rawan bencana, labil seperti di lereng-lereng bukit,” katanya. (AML/SON)

 

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN