INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Polda Jabar Janji Selidiki Izin Pembangunan di Area Longsor Cimanggung

11 January, 2021 15:06 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Polda Jabar Janji Selidiki Izin Pembangunan di Area Longsor Cimanggung

Sumber : Foto Istimewa/ Basarnas

SUMEDANG INSPIRA.TV,– Sehubungan dengan terjadinya longsor di Cimanggung, Polda Jawa Barat berjanji akan menyelidiki izin pembangunan yang berada di kawasan tersebut.

 

“Terkait perizinan ini akan kami dalami. Sisi perizinannya seperti apa,” ujar Kapolda Jabar, Irjen Pol. Ahmad Dofiri, Senin (11/1/2021). . 


Kapolda menegaskan perumahan yang berada di lingkungan bertebing ini memang tidak layak untuk dihuni, karena dari sisi lokasi dapat menimbulkan terjadinya bencana tanah longsor.

 

“Nanti kita dalami lagi, kalau areal seperti ini dibangun perumahan seharusnya memang rawan,” tuturnya. 


Dofiri menganggap, jika dilihat dari kejadian, lokasi longsor ini terjadi dari satu lokasi ke lokasi yang lainnya, walaupun secara titik berbeda, namun masih satu area. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil,  sempat mengamini pernyataan tersebut. Menurutnya, area yang tanahnya sudah retak sudah tidak layak dan tidak boleh dipaksakan untuk jadi tempat tinggal.

 

Meski begitu, kata Kapolda, dalam pelaksanaan evakuasi, pihaknya masih melihat situasi cuaca, mengingat pergerakan tanah di lokasi kejadian masih dapat dikatakan rawan.


“Kita lihat lokasinya memang cukup rawan. Kita perhitungkan kondisi alamnya, terlebih saat kondisi hujan,” terangnya. (AML/SON)

You can share this post !