INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Evakuasi Black Box Terkendala Akibat Terhalang Badan Pesawat Sriwijaya

12 January, 2021 11:52 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Evakuasi Black Box Terkendala Akibat Terhalang Badan Pesawat Sriwijaya

Foto : Istimewa

JAKARTA INSPIRA.TV,- Tim Search and Rescue (SAR) TNI Angkatan Laut menyatakan kalau puing-puing pesawat padat di bawah air menjadi kendala pencarian kotak hitam atau black box milik pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

 

"Kemarin sudah ditemukan ada dua ping (tanda) dan sudah dilokalisir. Namun, Volume pesawat dan impact-inya ke permukaan laut begitu besar sehingga barang itu (black box) masih tertimbun oleh bongkahan pecahan (pesawat) itu sendiri," Ucap Komandan Satuan Tugas Laut Operasi SAR (Dansatgasla Ops) Sriwijaya Air SJ 182 Laksamana Yayan Sofyan, Selasa (12/1/2021).

 

Pencarian black box menggunakan deteksi ping locator dilakukan pada malam hari, karena titiknya diduga jatuh ke laut dangkal. Sehingga, petugas khawatir penggunaan sonar berbahaya bagi penyelam yang tengah mengevakuasi korban pada siang hari.

 

Black box sendiri adalah bagian dalam tubuh pesawat yang penting untuk ditemukan, karna  mencatat  fungsi operasi pesawat, seperti detail waktu, ketinggian, kecepatan udara, dan arah pesawat. Selain itu terdapat rekaman dalm CVR yang merekam percakapan pilot dan kopilot.Selanjutnya, data tersebut akan digunakan untuk penyelidikan lebih lanjut

 

Ia menjelaskan tim gabungan akan mengurai bangkai pesawat pada Selasa pagi (12/1/2021) hari ini. Rencananya ppenguraian akan dilakukan oleh tim penyelam Angkatan Laut, dengan mengangkat bongkahan bangkai pesawat satu per satu ke permukaan.

 

Kapal-kapal milik TNI Angkatan Laut menyisir di sekitar Pulau Laki, Kepulauan Seribu.

 

Penguraian pecahan bongkahan pesawat membutuhkan waktu. Yayan mengatakan insiden jatuhnya pesawat ini baru tiga hari, jadi banyak yang masih belum terangkat.

 

"Dengan puing-puing ini diambil terus, mudah-mudahan semua diberikan (kemudahan)," katanya. (MSN)/GIN)

You can share this post !