INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Pencarian Black Box Sriwjaya, Panglima TNI: Telah Ditemukan Bagian dari FDR

12 January, 2021 20:09 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Pencarian Black Box Sriwjaya, Panglima TNI: Telah Ditemukan Bagian dari FDR

Foto : Istimewa

JAKARTA INSPIRA.TV,-  Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkapkan, TNI Angkatan Laut berhasil menemukan flight data recorder (FDR) dari Sriwjaya Air SJ 182.


FDR merupakan bagain dari kotak hitam atau black box tentu saja itu menjadi kunci untuk mengungkap penyebab jatuhnya pesawat.

 

FDR mencatat segala macam informasi terkait teknis pesawat sebelum jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

 

"Hari ini tepat jam 14.00, KSAL sampaikan informasi kepada saya bahwa sesuai dengan perkiraaan yang sudah ditentukan di wilayah yang sudah ditandai, telah ditemukan bagian dari FDR," ujar Hadi dalam jumpa pers di Jakarta International Container Terminal (JICT), Selasa (12/12021) sore.

 

Hadi juga meminta kepada jajarannya untuk mencari bagian lainnya hingga akhirnya FDR ditemukan secara utuh pada pukul 16.00 WIB.

 

"Sepuluh menit lagi FDR akan merapat ke sini," ujar dia.

 

Sementara itu, cockpit voice recorder (CVR) yang merupakan bagian lain dari kotak hitam yang menyimpan isi percakapan pilot dan kopilot masih dicari.

 

Lantas apa itu Black Box, CVR, dan FDR?

 

Black box pesawat merupakan istilah populer dalam industri penerbangan yang merujuk pada kompenen perekam data elektronik. Situs Flightradar24 menyebutkan, black box atau kotak hitam pesawat biasanya menggunakan CVR (Cockpit Voice Recorder) atau FDR (Flight Data Recorder) atau kombinasi keduanya.

 

Saat pesawat terbang, FDR terus merekam beragam data tentang semua aspek penerbangan pesawat seperti kecepatan atau ketinggian terbang, percepatan vertikal, hingga aliran bahan bakar.


Sementara CVR merekam percakapan dalam kokpit dan suara lain, seperti transmisi radio serta alarm otomatis. Jika terjadi masalah pada pesawat, seperti kecelekaan, maka data dari black box pesawat dapat membantu merekonstruksi apa yang sebenarnya terjadi. (MSN)

 

You can share this post !