INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Jembatan Talegong Penghubung Bandung-Garut Masih Putus

12 January, 2021 21:22 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Jembatan Talegong Penghubung Bandung-Garut Masih Putus

Foto : Istimewa

GARUT INSPIRA.TV,- Jalan utama penghubung Bandung dengan Garut, yang berada tepat di Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut, masih belum bisa dilalui. Putusnya jembatan di jalur provinsi itu akibat longsor yang terjadi pada hari Sabtu (9/10) masih belum dapat diperbaiki.

 

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan, mengatakan, di sepanjang jalan itu terdapat beberapa titik yang tertimpa longsor di Kecamatan Talegong dan Cisewu.

 

Petugas masih berupaya untuk melakukan pembersihan jalan, hanya saja untuk jembatan yang terputus masih belum bisa dilalui.

 

"Jembatan di Taegong masih disetop. Menunggu perbaikan dari provinsi. Masih belum busa dilewati," kata dia, Selasa (12/1/2021).

 

Kendaraan yang hendak melintas ke selatan Kabupaten Garut diarahkan melalui jalan lama, sebab jalan utama masih lumpuh tak bisa dilewati. Kendati demikian, Tubagus mengatakan, pengendara yang melintas jalan lama harus ekstra hati-hati. Karena menurutnya potensi terjadi longsor di jalan alternatif itu juga cukup tinggi.

 

"Melintas lewat jalan lama bisa, sampai ke selatan. Itu memang alternatif. Namun jalannya kecil dan potensi longsor tinggi. Kalau hujan besar jalan itu juga disetop," kata dia.

 

Ia menilai, lokasi putusnya jembatan di Kecamatan Talegong, akibat longsor sebenarnya tak layak untuk dijadikan jalan. Berdasarkan keterangan tokoh masyarakat sekitar petugas pembangunan jalan provinsi itu sudah diingatkan untuk tak melewati Curug Ceret, lokasi terjadinya tanah longsor saat ini. Namun, pembangunan jalan tetap melewati wilayah itu

 

"PUPR (Provinsi Jabar) juga katanya akan evaluasi. Jalan itu akan dimitigasi, terutama yang melewati hamparan Curug Ceret," kata dia. (MSN) 

 

You can share this post !