INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Cuaca Tidak Stabil Jadi Kendala Utama Pencarian Korban Longsor Sumedang

13 January, 2021 09:34 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Cuaca Tidak Stabil Jadi Kendala Utama Pencarian Korban Longsor Sumedang

Foto: Istimewa

SUMEDANG INSPIRA.TV,- Tim SAR gabungan kembali melakukan pencarian korban longsor di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Cuaca yang tidak stabil menjadi salah satu kendala yang menyulitkan tim melakukan pencarian korban.


Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah mengatakan, selain menjadi tiga sektor pencarian, pihaknya juga membagi waktu pencarian menjadi dua waktu, yaitu pagi dan sore hari. Hal itu guna menjaga kondisi kesehatan para personelnya.


"Sistem shift dilakukan untuk menjaga kekuatan personel agar tetap prima, dan menjaga agar personil tidak terlalu kelelahan yang dapat menyebabkan kurang maksimalnya pelaksanaan pencarian dan evakuasi korban," ucap Deden, Rabu (13/1/2021).


Deden mengatakan, timnya mengalami beberapa kesulitan saat melakukan pencarian para korban longsor. Di antaranya adalah faktor cuaca yang tidak stabil dan material longsor yang tebal.


"Kendala yang paling signifikan ditemukan oleh tim di lapangan yaitu cuaca yang tidak stabil dan curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan pergerakan tanah semakin besar. itu dapat menyebabkan potensi longsor susulan yang cukup tinggi," kata Deden.


Meski demikian, lanjut dia, personel gabungan tetap melakukan pencarian. Dia berharap seluruh korban bisa segera ditemukan.


"Tapi tim SAR gabungan tetap optimis dan semangat dapat memaksimalkan pekerjaan. Dan berharap agar korban satu persatu bisa ditemukan walau dalam keadaaan yang terbatas," ucap dia. (ADT)

You can share this post !