INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Bio Farma Siap Produksi Vaksin Covid-19 Mulai Hari Kamis Besok

13 January, 2021 11:33 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Bio Farma Siap Produksi Vaksin Covid-19 Mulai Hari Kamis Besok

Foto : Ilustrasi

BANDUNG INSPIRA.TV,- Bio Farma mulai memperbanyak produksi vaksin Covid-19 buatan Sinovac.  Pemerintah Indonesia telah menerima 15 juta dosis bahan baku vaksin yang tiba pada hari Selasa (12/1/2021) kemarin.

 

"Bulk yang datang akan kami segera kirim ke Bandung, diproses produksi oleh Bio Farma, dan kami akan mulai produksi pertama 14 Januari 2021 dan diharapkan akan bergulir," ujar Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir, saat rapat kerja bersama Komisi IX, Rabu (13/1/2021).

 

Menurut dia, Indonesia telah mendapatkan komitmen pengiriman bahan baku dari Sinovac sebesar 155 juta dosis. Angka itu terdiri dari komitmen awal 140 juta dosis dan tambahan 10 persen, sehingga totalnya kurang lebih 154 juta dosis bahan baku vaksin.

 

"Sampai semester I kami sudah ada jadwal pengiriman dari mereka 144 juta sekian dosis sisanya akan dilakukan Juli. Jadi, ini program kami dalam 6 bulan pertama untuk produksi vaksin ini," tutur dia.

 

Bio Farma sendiri memiliki kapasitas produksi vaksin Covid-19 sebesar 250 juta dosis per tahun. Perusahaan farmasi pelat merah tersebut pun telah mengantongi sertifikat perizinan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB), untuk memproduksi obat dan vaksin Covid-19 dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM)  pada 30 Desember 2020 lalu.

 

Bio Farma juga masih dalam proses mengantongi sertifikat CPOB lainnya.

 

"Kami akan mulai produksi bulk yang datang hari ini di gedung nomor 21," tandas Honesti.

 

Vaksin Sinovac sendiri merupakan satu dari tujuh merek vaksin corona yang akan dipakai pemerintah RI untuk menanggulangi pandemi Covid-19. (MSN)

You can share this post !