INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Setelah Disuntik Vaksin Covid-19 Presiden Jokowi Harus Tunggu 30 Menit, Kenapa?

13 January, 2021 13:41 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Setelah Disuntik Vaksin Covid-19 Presiden Jokowi Harus Tunggu 30 Menit, Kenapa?

Foto : Istimewa/ Tangkapan Layar Youtube

JAKARTA INSPIRA.TV,- Setelah menerima suntik vaksin Covid-19 untuk menjalankan program membangun herd immunity dalam melawan pandemic, Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus berdiam selama 30 menit.

 

Hal itu bertujuan untuk memonitoring dan pencatatan tergadap reaksi vaksin yang disuntikan pada tubuh Jokowi.

 

"Setiap orang yang melakukan vaksinasi akan menjalani proses yang sama." ucap ketua dokter kepresidenan dari RSPAD Letjen dr. Budi Sulistian di Istana Presiden, Rabu (13/1/2021).

 

Monitoring bertujuan untuk memantau adanya kemungkinan reaksi anafilaktik. Jika reaksi tersebut cukup hebat akan menimbulkan syok anafilaktik yang membutuhkan pertolongan cepat dan tepat.

 

Sebagaimana dijelaskan pada keputusan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementrian Kesehatan no. HK.02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19, reaksi anafilaktik adalah reaksi hipersensitifitas generalisata atau sistemik yang terjadi cepat.

 

Secara umum Vaksin Covid - 19 tidak menimbulkan efek samping berat, apabila terjadipun hanya reaksi ringan.

 

"Efek samping vaksin CoronaVac hanya bersifat ringan berupa nyeri iritasi dan bersifat sedang berupa pembengkakan sistemik, nyeri otot, demamm dan gangguan sakit kepala. Efek samping tersebut tidak berbahaya dan dapat pulih kembali," ucap Kepala Badan POM Penny K. Lukito dikutip dari akun Instagram @kemenkominfo. (MSNGIN)

You can share this post !