INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Jika Tidak Tahu Sebuah Perkara, Berkata Baik atau Diam

15 January, 2021 11:28 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Jika Tidak Tahu Sebuah Perkara, Berkata Baik atau Diam

Foto : Ilustrasi

وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَليَــقُلْ خَــــيْرًا أَوْ لِيَـصـــمُــتْ


“Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah dia berkata yang baik atau diam.” [HR Bukhari]


Lisan merupakan bagian utama yang harus diperhatikan kegunaannya, karena jika ceroboh saat menggunakannya bisa lebih mengerikan daripada pedang. Dalam hadits diatas juga Nabi Muhammad  SAW telah mengingatkan tentang pentingnya menjaga lisan. 


Rasul memberikan dua pilihan untuk menjaga lisan, berkata baik atau diam.


Imam Syafi'i memberikan komentarnya tentang berkata baik atau diam, beliau mengatakan bahwa Hadits ini bermakna apabila seseorang hendak berbicara, maka berpikirlah terlebih dulu. Apabila telah jelas bahwa ucapannya akan membawa kemaslahatan, maka berbicaralah. Dan, apabila telah jelas bahwa ucapannya akan membawa kemudharatan atau ia ragu, bahaya dan tidaknya, maka diamlah.


Imam An-Nawawi Rahimahullah juga menyebutkan perkataan Imam Syafi'i dalam Syarah Arbain, “Jika seseorang hendak berbicara maka hendaklah dia berpikir terlebih dahulu. Jika dia merasa bahwa ucapan tersebut tidak merugikannya, silakan diucapkan. Jika dia merasa ucapan tersebut ada mudharatnya atau ia ragu, maka ditahan (jangan bicara).


Diam bisa menunjukkan keutamaan atau kebodohan seseorang, karena diam adalah sikap yang netral. Baik buruknya sikap diam sangat dipengaruhi oleh situasi dan kondisi. 



Terdapat beberapa tingkatan orang diam, yaitu diamnya orang berilmu (saleh), diamnya orang yang memang pendiam, dan diamnya orang bodoh.


Dengan bersikap diam, resiko pada hal-hal yang tidak bermanfaat atau keburukan menjadi lebih kecil. Rasulullah SAW mengatakan, "Barang siapa yang diam, dia pasti selamat.", beliau menyebutkan pula "Diam itu kearifan, tetapi sangat sedikit orang yang melakukannya.


Maka dari itu, jika kita bisa berkata dengan baik yang mana bisa membuat kita tergelincir pada keburukan lebih baik diam. (MSN/GIN)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA HALAL LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN