INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

4 Tips Hemat Pengeluaran Selama Pandemi Covid-19

18 January, 2021 16:35 WIB | INSPIRA FINANCE

Inspira TV - 4 Tips Hemat Pengeluaran Selama Pandemi Covid-19

Foto: Ilustrasi

BANDUNG INSPIRA.TV,- Salah satu kunci bertahan hidup selama pandemi Covid-19 adalah pintar dalam mengelola uang. Karena tak sedikit pendapatan menjadi berkurang karena pengaruh pandemi.


Jika ada keinginan untuk membeli sesuatu dengan dana besar, baiknya menghemat pengeluaran kemudian sisanya untuk ditabung.


Lalu bagaimana caranya menghemat pengeluaran kita?


1. Niat dan Motivasi


Dalam mengelola keuangan dan hemat, kunci awal pertamana adalah harus betul-betul niat dan motivasi yang kuat. Maka dari itu, perlu motivasi yang kuat untuk memahami tujuan pentingnya berhemat.


2. Susun Anggaran


Dalam berupaya menghemat pengeluaran, kunci utamanya adalah menyusun anggaran. Hal sederhana ini jarang dilakukan. Padahal menyusun anggaran ini sangat penting dilakukan agar pengeluaran lebih teratur. Bagaimana cara menyusun anggaran? berikut caranya:


a. Hitung total pemasukan

b. Buatlah daftar kebutuhan primer atau pokok (seperti listrik, pulsa, cicilan hutang, dan lain sebagainya yang pasti dikeluarkan tiap bulannya)

c. Tentukan proporsi investasi atau menabung

d. Tentukan juga kebutuhan untuk hiburan

‚Äč

Jika khawatir akan terpakai, cobalah memilahnya dalam amplop untuk tiap-tiap kebutuhan yang telah dibuat daftarnya.


3. Catat Pengeluaran


Agar lebih terkontrol, alangkah baiknya kita mencatat tiap melakukan pengeluaran. Agar lebih mudah, kini banyak tersedia aplikasi dalam handphone yang dapat diunduh sebagai pencatat pengeluaran serta pemasukan.


4. Susun Prioritas


Dari pemilahan pengeluaran dana setelah dibuat daftar, penting untuk susun prioritas kebutuhan kita. Hal ini membuat kita mengingat untuk tidak membeli barang-barang yang belum terlalu dibutuhkan. Jadi, untuk prioritas pertama adalah belanjakan uang untuk membeli kebutuhan-kebutuhan utama. (ADT/GIN)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA FINANCE LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN