INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Lusa Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Akan Jalani Tes di DPR RI

18 January, 2021 18:07 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Lusa Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Akan Jalani Tes di DPR RI

Foto : Ilustrasi

JAKARTA INSPIRA,TV,- Komisi III DPR mengundurkan jadwal tes makalah calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, yang awalnya direncanakan pada Senin (18/1/2021) menjadi Rabu (20/1/2021).

 

Jadwal ini mundur dari informasi sebelumnya yang menyebutkan fit and proper test akan digelar pada Selasa, 19 Januari 2021. Adapun jadwal pembuatan makalah calon Kapolri yang sedianya digelar hari Senin diundur menjadi hari Selasa.

 

Seperti disampaikan Ketua Komisi III DPR Herman Hery, proses fit and proper test semula direncanakan pada Kamis  (14/1/2020), dengan rapat bersama Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK). Namun, pada hari itu yang hadir hanya PPATK.

 

Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni mengatakan, RDPU dengan PPATK membahas transaksi keuangan Listyo Sigit dan keluarganya. Sahroni mengatakan Komisinya mendalami apakah ada transaksi keuangan yang mencurigakan antara Sigit dan pihak lain baik di dalam maupun luar negeri.

 

“Sejauh ini masih dalam tahapan wajar,” ujar Sahroni.

 

Sementara anggota Komisi III DPR, Arsul Sani, menyatakan pihaknya optimis jadwal proses fit and proper test itu bisa dipenuhi dengan baik. Dia memrediksi, persetujuan atau penolakan nama Sigit yang diajukan presiden bisa segera diselesaikan.

 

“Saya optimistis ini bisa diselesaikan,” kata Arsul.

 

Anggota Komisi III DPR lain, Arteria Dahlan mengatakan proses fit and proper test akan dimanfaatkan pihaknya demi memastikan Kapolri terpilih memenuhi syarat administrasi, kompetensi dan profesionalisme, terutama komitmennya terhadap NKRI.

 

“Jadi kami akan bekerja serius dalam melakukan fit and proper test ini,” kata Arteria.

 

Herman Hery berharap Komjen Sigit mampu menunjukkan kemampuannya selama proses fit and proper test. Khususnya kemampuan untuk menjadi sosok yang menyatukan internal Polri, khususnya hubungan senior dan junior.

 

“Kami berharap ke depan figur Kapolri betul-betul menjadi seorang pemimpin yang negarawan, bisa membawa institusi ini promoter yang sebenarnya,” ujar Herman.

 

Presiden Joko Widodo telah memilih Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis. Surat Presiden terkait penunjukan Listyo telah diserahkan kepada DPR pada Rabu lalu, 13 Januari 2021. DPR lewat Komisi III memiliki waktu 20 hari sejak menerima surat tersebut untuk merampungkan proses fit and proper test calon kapolri.

 

Sigit diketahui menorehkan banyak prestasi dalam menangani kasus-kasus besar. Yang terakhir dan mendapat perhatian publik adalah kasus Djoko Tjandra, kebakaran Gedung Kejaksaan Agung, dan lain-lain. (MSN/SON)

 

 

You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN