INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Inilah Tips Biar Stamina Anda Selama Bekerja Tetap Terjaga

18 January, 2021 19:23 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Inilah Tips Biar Stamina Anda Selama Bekerja Tetap Terjaga

Foto : Ilustrasi

BANDUNG INSPIRA.TV,- Aktivitas dan beban pekerjaan yang padat sering kali membuat para pekerja kantoran melupakan jadwal makannya. Belum jika letak kantor jauh dari area kantin, yang membuat kita malas untuk sekadar membeli makan siang.

 

Pada akhirnya, kita pun lebih memilih mengonsumsi beragam makanan instan. Padahal, tubuh perlu cukup nutrisi agar tetap sehat dan berenergi.

 

Studi menunjukkan bahwa terlalu sering mengonsumsi makanan instan atau tidak bernutrisi akan membuat tubuh rentan mengalami banyak rekosi, seperti obesitas, kolesterol dan lain-lain.

 

Membawa bekal dari rumah adalah salah satu solusi terbaik untuk tetap menjaga asupan gizi tubuh. Namun bagaimana kalau kita tidak sempat menyiapkan bekal? Tak masalah, ikuti saja tips makan sehat berikut ini.

 

Menyempatkan Sarapan

 

Sempitnya waktu di pagi hari menyebabkan para pekerja sering melewatkan sarapan. Padahal, sarapan amat penting untuk membuat tubuh tetap berenergi. Tak hanya itu, sarapan juga membuat pikiran lebih fokus, sehingga rasa kantuk tidak mudah menyerang sebelum waktu makin siang.

 

Kalau tidak sempat menyantap sarapan di rumah, tidak ada salahnya untuk membelinya di area sekitar kantor. Tak perlu nasi, sepotong roti dan susu pun sudah cukup untuk membuat tubuh tetap berenergi dan produktif.

 

Mengonsumsi Cemilan Sehat

 

Camilan sehat diperlukan di antara jam makan agar kadar gula darah tetap terjaga, sehingga kita tidak akan kelaparan dan makan berlebihan pada jam makan berikutnya. Namun, camilan yang kamu makan tak boleh sembarangan. Buah-buahan, jus, atau air kelapa bisa menjadi pilihan tepat.

 

Camilan sehat ini tak hanya mengenyangkan, tetapi juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan pH dan asupan cairan tubuh agar tidak mudah dehidrasi.

 

Kurangi Asupan Kafein

 

Pasti beberapa dari kita punya ketergantungan pada kafein. Kepala akan terasa pusing dan sulit berkonsentrasi jika belum mendapat asupan kopi. Tidak salah, selama konsumsinya tidak berlebihan. Mengapa? Karena terlalu banyak kafein justru akan menghambet kinerja otak.

 

Sebagai gantinya, kamu bisa memilih alternative seperti teh hijau. Kandungan antioksidan pada teh hijau dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas serta meningkatkan proses metabolisme tubuh.

 

 Perbanyak Minum

 

Teratur minum air putih berperan penting dalam menyeimbangkan kebutuhan hidrasi tubuh dan menjaga stabilitas nafsu makan. Selain itu, minum air putih secara teratur juga bermanfaat untuk membantu membersihkan usus dari “kotoran” yang berisiko mengganggu lancarnya saluran pencernaan.

 

Pola Makan Teratur

 

Menerapkan pola makan secara teratur adalah hal paling pokok yang memungkinkan kita untuk beraktivitas dengan baik. Kita perlu beristirahat dan mengisi kembali energi pada tubuh sebelum kembali berkonsentrasi pada pekerjaan. Jadwal makan yang tidak teratur akan membuat tubuh kita rentan mengalami kegemukan, karena rasa lapar yang berlipat membuat kamu akan makan dengan kalap.

 

Seperti disebutkan di atas, jenis pekerjaan dan tingkat kesibukan yang tinggi menyebabkan kurangnya aktivitas fisik pada pekerja kantoran, sehingga bisa memicu timbulnya obesitas dan performa tubuh yang gampang lelah.

 

Tidak ada alasan untuk tidak hidup sehat. Pekerja kantoran dengan segudang aktivitas dan keterbatasan waktu juga bisa menerapkan pola hidup yang baik. Jika ingin tetap produktif dan fit, menyayangi dan menjaga kesehatan tubuh adalah suatu keharusan. (MSN/SON)

 

 

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA SEHAT LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN