INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Ikuti caranya Biar Tubuhmu Tetap Sehat dan Tidak Mudah Terserang Penyakit

19 January, 2021 10:18 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Ikuti caranya Biar Tubuhmu Tetap Sehat dan Tidak Mudah Terserang Penyakit

Foto : Ilustrasi

BANDUNG INSPIRA.TV,- Musim hujan membuat lingkungan kita menjadi lembab dan memudahkan perkembang biakan bakteri serta virus yang dapat menyerang tubuh manusia sebagai penyakit. Untuk menjaganya kita perlu memperkuat kekebalan tubuh untuk menangkal virus dan bakteri yang masuk ke tubuh. Berikut cara menjaga kekebalan tubuh agar tidak gampang sakit.


1. Konsumsi Sayuran Hijau


Dalam sebuah penelitian, sayuran criciferous dapat membantu memngirimkan sinyal kimia ke tubuh yang meningkatikan protein pada permukaan sel yang diperlukan untuk membuat kerja sistem kekebalan tubuh lebih optimal.


2. Konsumsi Vitamin D


Makanan yang mengandung sumber vitamin D terbaik antara lain kuning telur, jamur, ikan salmon, ikan tuna, dan hati sapi. Selain itu juga bisa membeli suplemen vitamin D dan pilih yang mengandung D3 (cholecalciferol), karena ini baik dalam meningkatkan kadar vitamin D dalam darah Anda.


Konsumsi vitamin D sangat oenting, jika kekurangan dapat menyebabkan gejjala seperti pertumbuhan tulang yang buruj, masalah jantung, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.\


3. Olahraga 


Olahraga adalah gerakan olah tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Bisa dilakukan dari yang ringan seperti berjalan kaki dengan rutin.  Olahra dengan rutin dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar serta mengurangi stress


4. Tidur yang cukup


Salahsatu kunci menjaga kekebalan tubuh yang kuat adalah tidur. Minimal tidur delapan jam setiap malam, karena terdapat sitokin yang dilepaskan tubuh selama tidur yang lama. Sitokin adalah sejenis protein yang membantu tubuh melawan infeksi dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


5. Kelola Stress


Stress telah terbukti melemahkan sistem kekbalan tubuh, jadi tubuh manusia dapat mudah terserang penyakit. Kortisol membantu melawan peradangan dan penyakit. Pelepasan hormon secara konstan pada orang yang mengalami stres kronis ternyata dapat mengurangi kemampuan hormon tersebut.


6. Menjaga Kebersihan


Dengan menjaga kebersihan diri maupun lingkungan sekitar, kita bsia mencegah perkembang biakan bakteri yang dapat dengan mudah berkembang biak di lingkungan yang kotor. Dengan begitu, kita dapat menjaga diri untuk dapat serangan bakteri yang dapat membuat kita terserang penyakit.


7. Konsumsi Minuman Teh Hijau


Teh hijau memiliki antioksidan yang tinggi, disebut flavonoid. Hal tersebut dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi ridiko penyakit kardiovaskular. (MSN/GIN)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA SEHAT LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN