INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Kemenag RI Siapkan Jadwal Kloter Pertama Jemaah Haji Bulan Juni 2021

19 January, 2021 13:35 WIB | INSPIRA TRAVEL

Inspira TV - Kemenag RI Siapkan Jadwal Kloter Pertama Jemaah Haji Bulan Juni 2021

Foto : Ilustrasi

JAKARTA INSPIRA.TV,- Kementerian Agama Republik Indonesia tengah mempersiapkan penyelenggaran ibadah haji 1442 Hijriah (2021). Persiapan yang dikejakan termasuk opsi waktu keberangkatan calon jamaah haji.

 

Kendati demikian, pihak Kemenag belum bisa memastikan terkait pemerintah Arab Saudi yang akan membuka kembali layanan ibadah haji di masa pandemi Covid-19.

 

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, mengatakan, keberangkatan haji kloter pertama ke Tanah Suci akan diberangkatkan pada bulan Juni 2021.

 

“Sesuai kalender hijriah dan asumsi haji bisa dilaksanakan dengan normal, perkiraan jadwal pemberangkatan kloter awal jamaah haji 2021 akan mulai dilaksanakan pada 15 Juni 2021,” ujar Menag Yaqut dalam rapat bersama Komisi VIII DPR, yang disiarkan secara virtual, Senin (18/1/2021) kemarin.

 

Kalau berdasarkan proyeksi pemberangkatan haji pada awal Juni 2021, Menag Yaqut menyatakan pemerintah memiliki waktu lima bulan untuk melakukan persiapan. Termasuk membahas ongkos haji di masa pandemi Covid-19.

 

“Waktu yang tersisa sangat terbatas. Berbagai persiapan harus segera mulai dilakukan, termasuk di antaranya usulan kami untuk memulai pembahasan biaya haji 2021 meskipun informasi mengenai besaran kuota haji masih belum dipastikan,” kata dia.

 

Yaqut melanjutkan, Arab Saudi belum memberikan kepastian pelaksanaan ibadah haji 2021. Hal tersebut merujuk hasil koordinasi antara Kemenag dengan otoritas haji setempat.

 

“Pemerintah Arab Saudi sampai saat ini masih fokus pada penanganan Covid-19 di dalam negeri mereka serta memantau penanganan Covid-19 pada negara pengirim jamaah haji ,” tutur Yaqut.

 

Kemenag telah menyiapkan sejumlah opsi, yakni kuota penuh, kuota terbatas, dan tidak memberangkatkan jamaah haji.

 

“Pemerintah sampai saat ini masih bekerja untuk menyiapkan opsi pertama yaitu kuota penuh, meskipun ini masih sangat bergantung pada pemerintah Arab Saudi,” terang Yaqut.

 

Dia berharap agar pandemi Covid-19 segera berakhir sehingga pelaksanaan ibadah haji 2021 masehi dapat berjalan secara normal.

 

“Kita semua menginginkan agar wabah ini segera berakhir agar pelaksanaan ibadah Haji 2021 kembali normal ,” kata dia. (MSN)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA TRAVEL LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN