INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Mau Jadi Penghafal Al-Quran? Ini Tipsnya Boleh Dicoba

20 January, 2021 11:04 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Mau Jadi Penghafal Al-Quran? Ini Tipsnya Boleh Dicoba

Foto : Ilustrasi

BANDUNG INSPIRA.TV,- Sebagai Umat Muslim, telah kita ketahui bahwa keutamaan yang akan diraih apabila seseorang menjadi penghafal Alquran. Keutamaannya diantara lain adalah mendapatkan surga dengan derajat paling tinggi, memberikan mahkota di Surga untuk orang tua, terbebas dari siksa, dan masih banyak lagi keutamaan lainnya. Tetapi, yang paling utama adalah untuk mendapatkan keridhoan dan keberkahan dari Allah SWT.

 

Banyak manusia di muka bumi ini yang telah mengetahui keutamaan Alquran. Namun, kenyataannya menghafal Alquran tidak semudah yang kita bayangkan. Tetapi bukan berarti ini menjadi alasan untuk tidak menghafal Alquran.

 

Jika kita memiliki niat dan motivasi yang kuat, tujuan menghafal Alquran pasti akan didapatkan dengan memaksimalkan ikhtiar. Berikut tips untuk memudahkan hafalan Alquran.

 

1. Niat

 

Ingatlah bahwa niat adalah hal paling utama yang bisa kita tanamkan dalam hati untuk bersungguh-sungguh, karena segala sesuatu berawal dari niat. Niatkanlah bahwa menghafal Alquran ini ikhlas karena Allah SWT. Luruskan niat, jangan sampai niatnya salah dan hindari terjerumus pada riya.

 

2. Sholat Hajat

 

Selanjutnya, untuk menyempurnakan niat dalam hati kita. Memohonlah pada Allah SWT untuk kemudahan dalam menghafal Alquran melalui sholat hajat. Mintalah dengan bersungguh-sungguh pada Allah SWT agar prosesnya dimudahkan, karena hanya kepadaNya lah kita bersandar.

 

3. Meminta doa pada orang tua dan guru

 

Meminta doa pada orang tua dan guru adalah hal penting untuk dilakukan agar proses menghafal dimudahkan. Karena jika orang tua meridhoi dan mendoakan, insyaallah Allah akan mengabulkannya. Dukungan guru juga sangat dibutuhkan untuk menambah rasa optimis, bahkan guru dapat membantu saat menjalani prosesnya.

 

4. Perbaiki Bacaan dan Akrabkan Diri Dengan Alquran

 

Sebelum kita menghafal Alquran, ada baiknya kita mengecek kembali kualitas membaca kita. Karena, ini adalah bentuk usaha kita untuk menghindari kekeliruan dalam membacanya.

 

Selain itu, kita harus aktif membaca Alquran untuk mengakrabkan diri. Perbanyak waktu untuk berinteraksi dengan Alquran, karena bagaimana kita terbiasa dengan bacaannya jika kita tidak berusaha utuk selalu bersamanya. Untuk mengawalinya, anda bisa melakukan proses one day on juz, sambil meminta orang lain yang lebih ahli untuk memperbaiki bacaan.

 

5. Dalam Prosesnya, Gunakanlah Satu Mushaf Alquran

 

Menggunakan mushaf yang sama akan memudahkan kita untuk mengingat letak ayat yang telah kita hafalkan. Karena kegiatan ini dapat memengaruhi struktur hafalan untuk disimpan dalam otak dengan visualisasi yang ditangkap oleh mata pada otak. Seperti letak ayat, halaman, susunan, bahkan warna, dan sebagainya.

 

Selain tips-tips diatas, masih ada lagi tips lainnya yang dapat kita lakukan untuk menjalani proses menghafal Alquran. Bacalah tips selanjutnya pada bagian ke-dua. (MSN/GIN)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA HALAL LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN