INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Mau Jadi Penghafal Al-Quran? Ini Tipsnya Boleh Dicoba (Bagian ke-2)

21 January, 2021 10:29 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Mau Jadi Penghafal Al-Quran? Ini Tipsnya Boleh Dicoba (Bagian ke-2)

Foto : Ilustrasi

BANDUNG INSPIRA.TV,- Setelah tips bagaiaman sukses untuk menghafal Al-Quran di bagian pertama , masih terdapat tips-tips lainnya untuk membantu kita meraih keutamaan dari mengahafal kita suci umat Islam.


Berikut tips selanjutnya agar kita sukses bisa menghafal ayat-ayat Al-Quran.

 

1. Carilah Metode menghafal yang Paling Mudah

 

Ada banyak metode menghafal Alquran yang dapat dilakukan, metodenya tak bisa disamakan setiap orang. Karena pada faktanya, tiap orang memiliki cara belajar yang berbeda. Cara-cara yang dapat dilakukan seperti membacanya per ayat lalu diulang, atau dengan mendengarkan orang lain mengaji dan sebagainya.

 

2. Ulangi Bacaan yang Telah Dihafal (Murojaah)

 

Sebelum kita menambah hafalan, ada baiknya kita mengulang-ulang bacaan tersebut agar hafalan tersebut melekat dalam ingatan kita untuk jangka waktu yang lama. Setelah menghafal satu sampai sekian surat juga perlu dilakukan murojaah, untuk mengurangi risiko hilangnya hafalan tersebut.

 

3. Target

 

Agar hafalan semakin berkembang tidak berjalan ditempat dan semangat terus menggebu, catatlah target. Ini juga untuk mengingatkan kita agar tidak malas.

 

4. Sertorkan Hafalan Pada Guru yang Kompeten

 

Agar lebih semangat dan rajin kita perlu memiliki guru yang kompeten untuk mendengarkan hafalan kita. Ini juga bermanfaat untuk menghindari bacaan yang salah. Tujuannya guru yang dituju ini dapat memperbaiki hafalan.

 

5. Seringlah Dengarkan Murotal

 

Biasanya kita lebih mudah menghafalkan sebuah irama yang merdu dan didengarkan berulang. Maka dari itu, dengarkanlah murotal. Semakin sering didengar, semakin banyak ayat yang bisa kita hafal dengan cepat.

 

Masih ada tips-tips yang tak kalah penting nantikan di artikel berikutnya. (MSN/GIN)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA HALAL LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN