INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Kerennya Karya Film Animasi SMK Raden Boyong Penghargaan Lokal dan Internasional

21 January, 2021 13:15 WIB | INSPIRATAINMENT

Inspira TV - Kerennya Karya Film Animasi SMK Raden Boyong Penghargaan Lokal dan Internasional

Foto : Istimewa

BANDUNG INSPIRA.TV,- SMK Raden Umar Said Kudus, Jawa Tengah bikin bangga lagi. Film animasi berjudul “Unstring Your Heart” garapan para siswa SMK RUS baru saja mendapatkan berbagai penghargaan baik lokal maupun internasional.

 

Film pendek berdurasi 8 menit 10 itu mendapat penghargaan yang cukup prestisius di antaranya dari HelloFest 2019, The 20th Kansas International Film Festival 2020, Canverra Short Film Festival 2020, Canberra Short Film Festival 2019, hingga Pune Short Film Festival 2019.

 

Film “Unstring Your Heart” berlatar di Semarang pada tahun 1930-an. Beberapa bangunan bersejarah tampak familier, salah satunya Lawang Sewu. Mengenai jalan ceritanya, film ini mengisahkan dua pemain boneka tali (marionette) bernama Moes dan Meily. Moes ditemani Djoem boneka talinya, sementara Meily bersama Rierie.

 

Dalam cerita tersebut, Moes kesal tempat biasa ia manggung ditempati Meily. Upaya jahat pun dilakukan Moes demi mengacaukan pertunjukan Meily dan bonekanya. Namun aksi Moes tak berhasil menarik kembali para penonton. Semakin celaka karena partner kesayangannya, Djoem, menghilang pada perjalanan pulang.

 

SMK Raden Umar Said memang dikenal sebagai sebagai sekolah swasta yang fokus pada pembelajaran industri kreatif, salah satunya animasi. Dari sekolah yang terletak di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, ini para siswanya pun bisa mengeksplor bakat untuk mengulik animasi yang berkualitas, mengingat sarana dan prasarananya terbilang lengkap dan disebut terbaik se-Asia Tenggara.

 

“Prestasi yang dicapai ini kembali membuktikan bahwa SMK RUS yang merupakan binaan Djarum Foundation terus bergerak meningkatkan keefektifan metode belajarnya tanpa mengabaikan proses kreatif dan inovasi,” ujar Program Associate Djarum Foundation, Galuh Paskamagma dalam keterangannya, Rabu (20/1/2021) kemarin.

 

Galuh mengatakan SMK RUS merupakan salah satu sekolah yang menerapkan konsep dan sistem pendidikan “Merdeka Belajar” yang dicanangkan oleh Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan.

 

Bagi kamu yang penasaran seperti apa serunya film “Unstring Your Heart”, kamu bisa tonton langsung di akun YouTube RUS Animation Studio. (MSNSON)

 

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRATAINMENT LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN