INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

25 Orang Relawan Uji Klinis Vaksin Corona di Bandung Positif Covid-19 , Kok Bisa?

21 January, 2021 13:48 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - 25 Orang Relawan Uji Klinis Vaksin Corona di Bandung Positif Covid-19 , Kok Bisa?

Foto : Ilustrasi

BANDUNG INSPIRA.TV,- Sebanyak 25 orang dari ribuan relawan uji klinis vaksin corona di Bandung terpapar postif Covid-19. Ketua tim riset uji klinis fase III vaksin Covid-19 dari Universitas Padjadjaran, Prof. Dr. Kusnandi Rusmil membenarkan hal itu.

 

"Dari 25 relawan tersebut, 18 orang menjadi penerima plasebo atau vaksin kosong dan 7 orang penerima vaksin.Kita ngambil (sampel) yang dari uji klinis kemarin itu ada yang dapat vaksin ada yang dapat plasebo. Nanti dilihat berapa yang sakit dapat vaksin dan berapa yang sakit dapat plasebo,” ujar Kusnandi seperti dikutip dari laman unpad.ac.id. Kamis (21/1/2021).

 

Kusnadi menjelaskan, terpaparnya sejumlah relawan di Bandung pasca penyuntikan merupakan hal wajar. Karena para relawan tetap diperbolehkan beraktivitas seperti biasa, sehingga kemungkinan untuk bertemu orang yang terpapar Covid-19 sangat besar.

 

"Karena itu, uji klinis dilakukan untuk mengetahui berapa relawan yang sakit, sehingga efikasi vaksin dapat ditentukan. Kan kita meneliti supaya tahu, manjur tidak vaksinnya,” tutur Kusnandi.

 

Dengan adanya kasus relawan yang terpapar Covid-19, tim peneliti menghitung angka efikasi dari penerima vaksin dan plasebo. Menurutnya, walaupun terpapar Covid-19 relawan yang menerima vaksin berstatus sebagai orang tanpa gejala hingga mengalami gejala ringan, sehingga tidak memerlukan perawatan intensif. Sementara penerima plasebo ada yang bergejala berat.

 

 β€œNah yang dapat plasebo ada yang dirawat,” kata dia.

 

Nmaun secara keseluruhan  jumlah relawan yang menerima suntikan kedua dalam uji klinis tersebut berjumlah 1.603 orang atau berkurang  17. karena yang bersangkutan tidak datang untuk menjalani suntikan kedua. (MSN)

 

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA SEHAT LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN