INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

BNPB Catat Ada 185 Bencana Terjadi Sejak Awal Tahun 2021

21 January, 2021 16:27 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - BNPB Catat Ada 185 Bencana Terjadi Sejak Awal Tahun 2021

Foto : Ilustrasi

BANDUNG INSPIRA.TV,- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah mencatat ada 185 bencana sejak Jumat (1/1/2021) hingga Kamis (21/1/2021) pukul 10.00 WIB.  Bencana hidrometeorologi masih mendominasi jumlah bencana hingga minggu keempat Januari tahun ini.

 

"Sebanyak 127 kejadian banjir terjadi di beberapa wilayah Tanah Air, sedangkan tanah longsor 30 dan puting beliung 21. Kejadian bencana lain yang tercatat yaitu gelombang pasang 5 kejadian dan gempa bumi 2," kata Raditya Jati Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalam keterangan resminya.

 

Raditya Jati mengatakan meski banjir menjadi bencana yang paling sering terjadi, gempa bumi jadi bencana yang paling banyak mengakibatkan korban jiwa hingga kini.

 

"Korban meninggal akibat gempa bumi berjumlah 91 jiwa, tanah longsor 41 dan banjir 34, sedangkan hilang banjir 8 dan gempa 3," tutur Raditya.

 

Demikian juga korban luka, gempa bumi masih paling banyak mengakibatkan tingginya jumlah korban.

 

"korban luka-luka akibat gempa bumi 1.172 jiwa, tanah longsor 26, puting beliung 7 dan banjir 5," kata Raditya.

 

Selain itu, total kerusakan rumah berjumlah 1.896 unit dengan tingkat yang berbeda.

 

"Rumah rusak berat 147 unit, rusak sedang 63 dan rusak ringan 1.686. Dari rumah rusak, jumlah kerusakan akibat gempa bumi, khususnya yang terjadi di Sulawesi Barat, masih dalam proses pendataan di lapangan,"

 

Dari kategori rusak berat, Radit menyebutkan, tanah longsor masih menyebabkan kerusakan paling tinggi yaitu 45 unit, disusul gelombang pasang atau abrasi 40, banjir 38 dan puting beliung 24.

 

Selain itu, bencana juga mengakibatkan kerusakan fasilitas publik.

 

"Kerusakan pada fasilitas penduduk berjumlah 18 unit, rumah ibadah 15, kesehatan 3, kantor 2 dan jembatan 25. Kerusakan fasilitas publik akibat gempa masih dalam pendataan," tuturnya.

 

Dia menghimbau untuk masyarakat selalu diimbau untuk tetap waspada dan siaga. Terkait bencana hidrometeorologi

 

Menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) puncak musim hujan masih terjadi hingga Februari 2021.

 

Selain itu, terdapat potensi bahaya lain yaitu gempa bumi yang dapat terjadi setiap saat, seperti yang terjadi di Provinsi Sulawesi Barat. Di samping itu, ancaman bahaya lain yaitu pandemi Covid-19 yang masih terus terjadi penularan di tengah masyarakat.

 

BNPB mengingatkan untuk melakukan persiapan keluarga dalam menghadapi sejumlah potensi bahaya tersebut. Diskusikan di antara keluarga dengan terlebih dahulu mengidentifikasi potensi bahaya dan risiko di sekitar.

 

Menurutnya setiap keluarga memiliki tingkat risiko yang berbeda, seperti parameter anggota keluarga, topografi di sekitar rumah, kekuatan bangunan, atau pun tata ruang rumah. (MSN/GIN)

You can share this post !

BACA JUGA BERITA INSPIRA LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN