INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

6 Cara Sembuhkan Radang Tenggorokan

22 January, 2021 11:20 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - 6 Cara Sembuhkan Radang Tenggorokan

Sumber foto: pixelbay

BANDUNG INSPIRAT.TV,- Penyakit radang tenggorokan akan terasa mengganggu ketika makan dan minum. Penyebab yang paling sering ditemukan adalah karena infeksi virus atau bakteri.


Penyakit ini seringkali memengaruhi badan menjadi terasa meriang dan membuat aktivitas jadi terganggu. Berikut cara untuk pertolongan pertama meredakan radang tenggorokan yang dapat dilakukan di rumah.


1. Minum air hangat


Dengan meminum air hangat kita dapat meredakan radang di tenggorokan. Cairan dapat membantu membersihkan selaput lendir, sehingga sirkulasinya lancar. 


Cairan hangat dapat menenangkan bagian belakang tenggorokan, namun ada juga orang yang lebih cocok air dingin. Keduanya tidak masalah asalkan asupan cairan kita terpenuhi.



2. Berkumur dengan larutan garam


Larutan garam ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan iritasi. Caranya, larutkan  1/2 sendok teh garam dengan segelas air hangat. Berkumurlah dnegan larutan tersebut tanpa ditelan. Ulangi rutinitas tersebut selama tiga jam sekali.



3. Mandi air panas


Saat mandi menggunakan air panas, kita dapat menghirup uap panas dalam-dalam. Saluran pernapasan jadi lebih terasa lega. Manfaatnya, rasa nyeri di tenggorokan lebih reda.



4. Minuman rempah alami


Anda dapat membuat minuman rempah yang menghangatkan dan melegakan tenggorokan. Bahan minuman ini bisa dibuat dengan bahan-bahan seperti campuran air hangat dengan jahe, pala, atau kayu manis yang disajikan bersama madu dan lemon.


Rempah-rempah dapat merangsang produksi air liur, dengan begitu hidrasi dan aliran lendir di tenggorokan meningkat. Selain itu, madu juga dapat mengurangi rasa iritasi.



5. Istirahat


Untuk menstabilkan tubuh kembali, setelah melakukan cara-cara diatas ada baiknya beristirahatlah yang cukup.



6. Hindari konsumsi makanan/minuman pemicu radang


Agar tidak ada iritasi lanjutan, hindari konsumsi makanan atau minuman yang dapat memicu radang tenggorokan. Hal tersebut seperti konsumsi makanan pedas atau minuman asam. Selain itu juga, hindari udara kering dan merokok. (ADT/GIN)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA SEHAT LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN