INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Mau Jadi Penghafal Al-Quran? Ini Tipsnya Boleh Dicoba (Bagian Ke-3)

22 January, 2021 11:42 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Mau Jadi Penghafal Al-Quran? Ini Tipsnya Boleh Dicoba (Bagian Ke-3)

Foto : Illustrasi

BANDUNG INSPIRA.TV,- Jika kamu bersunguh-sungguh bacalah tips selanjutnya agar usaha kita maksimal dalam menghafalkan Alquran. Karna sudah kita ketahui bahwa usha tidak akan mengkhianati hasil.

Sebelum lanjut membaca artikel ini, pastikan bahwa Anda telah membaca Bagian ke-1 dan ke-2. Berikut cara menghafalkan Alquran bagian ke-3.

1. Membuat Jadwal Hafalan

Untuk mencapai target yang telah ditentukan cobalah untuk membuat jadwal hafalan dengan rutin dengan disiplin. Sediakanlah satu waktu khusus untuk menghafal Alquran setiap harinya. Adapun beberapa waktu yang dianjurkan untuk menghafalkan Alquran, waktu tersebut ialah pada sepertiga malam terakhir, pertengahan siang hari, dan di pagi hari seusai shalat shubuh.

2. Berkawan dengan orang sholeh

Selain menerapkan prinsip dan metode untuk diri sendiri seacara internal, kita juga perlu mengandalkan faktor eksternal yang dapat mendukung keinginan kita saat menghafal Alquran. Perbanyak interaksi dan berkumpul dengan orang yang sama-sama menghafal Alquran juga agar bisa saling mendukung saat proses menghafal berlangsung.


3.Bersabar dengan ujian

Akan banyak sekali perjuangan saat kita menghafal Alquran. Karena jika kita menginginkan sesuatu pasti banyak sekali rintangan dan ujiannya. Kita harus banyak bersabar agar dan mengingat tujuan awal. Untuk itu bersabarlah sat kita menghadapi kesulitan. Jika merasa kepedihan maka yakinlah bahwa akan ada banyak keutamaan yang bisa kita petik nanti.


4. Istiqomah

Kunci dari keberhasilan menghafal Alquran adalah istiqomah alias konsisten.Tanpa konsistensi yang kuat semudah apapun ingatan kita untuk menghafal, tujuan sebagai penghafal tetap tidak akan terjadi karena tidak konsisten. Oleh karena itu konsistenlah dalam menghafal dan mengulang hafalan (murojaah) dalam setiap harinya.

5.Tawakal Pada Allah

Setelah kita berusaha dengan maksimal, bertawakalah pada Allah SWT. Karena apapun keinginan kita hanya Allah-lah yang memutuskannya. Karena Allah SWT melihat apa yang kita kerjakan. (MSN/GIN)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA HALAL LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN