INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Pemprov Jabar Telah Siapkan Skenario Vaksinasi Covid-19

23 January, 2021 12:21 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Pemprov Jabar Telah Siapkan Skenario Vaksinasi Covid-19

Sumber foto: Humas Jabar

BANDUNG INSPIRA.TV,- Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menyiapkan skenario penyuntikan vaksin covid-19. Tujuannya agar vaksinasi covid-19 di Jawa Barat dapat berjalan optimal dan cepat.


Hal itu dikatakan Gubernur Ridwan Kamil saat diskusi publik Dewan Pers bertajuk :Vaksinasi covid-19, perubahan perilaku dan Desiminasi Informasi, Transparsim dan keadilan dalam Distribusi Vaksin, melalui konferensi video di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (22/1/2021). 


"Minggu ini kami sedang membuat skenario supaya vaksinasi COVID-19 sukses, dan waktu vaksinasi dapat dipercepat. Jika vaksinasi COVID-19 berjalan lama, ekonomi Jabar sulit untuk bangkit," kata pria yang akrab disapa Emil.


Untuk membentuk kekebalan komunitas atau hard immunity, Jabar harus menyuntik vaksin covid-19 kepada 70 persen penduduk atau 36 juta warga. Oleh karena itu, Jabar memerlukan sekitar 72 juta dosis vaksin COVID-19.


"Kami butuh sekitar 72 juta dosis. Urutannya nakes dulu, baru profesi lain yang rawan, termasuk wartawan menurut saya rawan. Kemudian masyarakat umum di rentang umur 18-59 tahun," ucap dia.


Emil mengatakan, untuk mempercepat vaksinasi COVID-19, Jabar membutuhkan tambahan vaksinator. Saat ini, Pemda Provinsi Jabar menyiapkan 11.000 vaksinator secara bertahap.


"Menurut saya (15 bulan) kelamaan. Jadi sekarang kita lagi menghitung bagaimana caranya agar tidak 15 bulan, tapi bisa enam sampai delapan bulan," ucap Emil.


Dia berharap pemerintah pusat menyerahkan data penerima vaksin kepada pemerintah pusat. Hal itu untuk memudahkan pelacakan apabila ada calon penerima vaksin yang tidak datang saat waktu penyuntikan. 


"Jadi kami Jabar memohon ke (pemerintah) pusat kewenangan mengatur siapa yang divaksin diserahkan secara desentralisasi ke daerah, karena kami orang lapangan yang lebih tahu," katanya. (ADT/GIN)

You can share this post !

BACA JUGA BERITA INSPIRA LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN