INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Berpelukan Dapat Hilangkan Stres juga Menyehatkan

23 January, 2021 12:49 WIB | INSPIRA SEHAT

Inspira TV - Berpelukan Dapat Hilangkan Stres juga Menyehatkan

Sumber foto: Pexels.com

Sudah kita ketahui bahwa pelukan adalah sebuah bentuk keintiman secara kontak fisik  yang menjadi bukti ungkapan kasih, sayang, penghargaan, serta perasaan cinta. 


Dalam prakteknya, pelukan bisa kita lakukan dengan orang-orang terkasih seperti orang tua, pasangan, sahabat, saudara kandung, dan sebagainya. Dan tahukah kamu? Bahwa berpelukan ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.


1. Menurunkan tingkat stres


Berpelukan dengan membuat sentuhan melalui dekapan akan menimbulkan rasa nyaman dan otot-otot yang tegang akan mereda sehingga mengurangi stres. Saat merasakan hangatnya berpelukan, kita akan merasakan kenyamanan dan rasa aman.


2. Merasa lebih bahagia


Saat berpelukan juga dapat meningkatkan hormon oksitosin. Hormon ini juga memainkan peran penting dalam perasaan. Semakin tinggi oksitosin akan semakin tinggi perasaan bahagia yang tumbuh.


Ilmuwan menemukan, oksitosin dapat menurunkan tekanan darah dan hormon stres norepinerfrin.


3. Kekebalan tubuh meningkat


Pada sebuah kesempatan, terdapat peneliti yang melakukan penelitian dengan memasukkan para peserta ke dalam ruang isolasi dan menginjeksikan virus flu ringan.


Mereka yang menerima dukungan dan diberi pelukan dilindungi terhadap pengembangan infeksi.


Sepertinya pelukan lebih baik. Mereka yang menerima dukungan lebih besar dan pelukan yang lebih sering bahkan memiliki tanda-tanda penyakit yang kurang parah. 


4. Bikin tidur lebih nyenyak


Menurut penelitian oleh National Sleep Foundation (NSF), berpelukan sebelum tidur selama 10 menit dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak.


Lalu, berpelukan atau sentuhan di siang hari walau cuma sebentar juga dapat meningkatkan kualitas tidur. (ADT/GIN)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA SEHAT LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN