INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Pemkab Sumedang Siapkan 2 Skema Relokasi Para Korban Longsor di Zona Merah

24 January, 2021 10:39 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Pemkab Sumedang Siapkan 2 Skema Relokasi Para Korban Longsor di Zona Merah

Foto : Istimewa

SUMEDANG INSPIRA.TV,- Pemerintah Kabupaten Sumedang, sudah mempersipakan skema untuk merelokasi korban longsor di Dusun Bojongkondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang, Jawa Barat .

 

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, menyebutkan ada dua skema untuk merelokasi sebanyak 131 Kepala Keluarga akibat insiden longsor kemarin.

 

“Skema pertama memusatkan relokasi di tanah kas Desa Tegalmanggung. Kedua akan ditempatkan diperumahan bersubsidi bekerjasama dengan perumnas, di wilayah Desa Haurngombong Kec.Pamulihan," kata Dony, Minggu (24/1/2021).

 

Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk merealisasikan skema yang kedua. Dony mengaku lebih merekomendasikan dengan memberikan uang dan langsung membeli rumah di perumahan, supaya cepat pindah, dengan total dibutuhkan anggaran Rp19 milyar.

 

Sementara jika memakai skema pertama relokasi terpusat di Desa Tegalmannggung, sedikitnya dibutuhkan anggaran sebesar Rp57 milyar. Lalu proses pengerjaanya juga akan memakan waktu yang panjang.

 

"Bantuan dari Pemerintah Pusat biasanya membangunkan rumah (seperti skema pertama), yang tentunya akan membutuhkan waktu lebih lama. Untuk itu kami akan matangkan dengan meminta bantuan ke BPBD Provinsi, agar skema kedua yang dipakai oleh Pusat. Sehingga bisa mempercepat relokasi warga di zona merah," jelasnya.

 

Sambil menunggu kepastian relokasi, hal yang sekarang tengah dipersiapkan adalah menempatkan para pengungsi untuk tinggal dulu di hunian sementara, dengan cara disewakan.

 

"Ini yang sekarang sedang kita persiapkan," katanya.

 

Dony mengungkapkan, bahwa berdasarkan hasil kajian ilmiah dari Badan Geologi, lokasi yang dihuni 131 KK yang masuk ke dalam zona merah itu, diwajibkan untuk pindah. Sisanya yang masuk di zona kuning akan direhabilitasi dan direkontruksi.

 

"131 KK itu wajib pindah untuk keamanan dan keselamatan warga. Sisanya di zona kuning akan kita rehabilitasi dan rekontruksi. Bekas longsoran akan dilakukan direboisasi dan dijadikan sebagai taman peringatan," tuturnya.

 

"Saat ini penanganannya sudah masuk masa transisi rehabilitasi dan rekontruksi. Dan kami sudah menyiapkan dua skema untuk merelokasi sebanyak 131 Kepala Keluarga (KK) korban longsor di zona merah,” tambah Dony.  (MSN/BOB)

 

You can share this post !

BACA JUGA BERITA INSPIRA LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN