INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Umat Muslim Rajinlah Bangun Pagi Agar Mendapatkan Keutamaan

25 January, 2021 14:57 WIB | INSPIRA HALAL

Inspira TV - Umat Muslim Rajinlah Bangun Pagi Agar Mendapatkan Keutamaan

Foto : Ilustrasi

BANDUNG INSPIRA.TV,- Bangun pagi sangat penting bagi kesehatan tubuh juga jiwa kita. Islam sebagai petunjuk, selalu memberikan pengetahuan bagi umatnya, bahkan tentang anjuran untuk bangun pagi secara rutin. Lalu, mengapa kita harus bangun pagi secara rutin ?

 

1. Menghindarkan dari sifat malas

 

Dengan semangat menghirup udara pagi dapat membangun mood menjadi lebih baik dan menimbulkan perasaan bahagia. Sementara itu, jika terjadi sebaliknya (bangun siang) perasaan malas pun timbul. Ternyata dalam islam sendiri Rasulullah bersabda,

 

“Setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) salah seorang dari kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!” Jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Kemudian jika dia mengerjakan sholat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas.” (HR. Bukhari no. 1142 dan Muslim no. 776)

 

2. Membuka pintu rejeki

 

Ungkapan jika tidak bangun pagi rezeki kita akan dipatok ayam rasanya tidak asing di telinga kita. Karena pada pagi hari sebagian besar dari kita, siap untuk menjalani hari menikmati rezeki yang telah Allah terbarkan saat matahari telah terbit. Terdapat kisah menarik terkait rezeki dan bangun pagi.

 

Ketika Rasulullah pulang dari shalat Shubuh dari Masjid Nabawi, beliau mendapati putrinya bernama Fatimah masih dalam kondisi tidur. Maka beliau bersabda: ”Wahai anakku, bangunlah, Saksikan rezeki Tuhan-mu dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai, karena Allah memberi rezeki kepada hamba-Nya antara terbit fajar dengan terbit matahari.” ( H.R. Imam Ahmad Dan Al-Baihaqi)

 

Selain itu, dari hadits Imam Ath-Thabrani dan Al-Bazzar R. Huma, Rasulullah SAW bersabda : ”Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barokah dan keberuntungan.”

 

3. Mendapatkan ampunan Allah

 

Sebagai manusia yang sering melakukan kesalahan baik disadari atau tidak, karena Allah Sang Maha Pengampun, Rasulullah SAW bersabda : “Siapa saja yang memasuki pagi hari, ia tidak berniat mendzolimi seseorang, maka diampuni baginya terhadap segala dosa. Dan siapa saja yang memasuki pagi hari berniat menolong orang yang teraniaya dan memenuhi keperluan orang Islam, maka baginya pahala seperti pahala Haji mabrur. ” ( Hadits dikutip dalam kitab Nashoihul ‘Ibad, karya Syaikh Nawawi )

 

4. Mendapat berkah dari Allah

 

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendoakan mereka yang bangun sebelum subuh,

 

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

 

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” (HR. Abu Daud no. 2606, Tirmidzi no. 1212 dan Ibnu Majah no. 2236. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

 

Nabi Sallallahu wa ‘alaihi wa Salam bersabda : “Keberkahan bagi umatku mengalir di waktu pagi buta mereka” (HR Ath Thabrani dalam Al Ausath)

 

5. Menghindari kelalaian

 

Rasulullah bersabda “Laki laki itu telah dikencingi setan pada telinganya”.

 

Maksud dari dalil di atas adalah orang yang malas bangun pagi maka berarti ia adalah orang yang lalai karena lebih memilih untuk tidur sesuai bisikan setan.

 

Allah juga berfirman, “Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dandengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang orang yang lalai”. (QS Al A’raf ayat 205)

 

Itulah keutamaan bangun pagi dalam Islam. Semoga menjadi motivasi bagi kita semua agar melakukan bangun pagi secara rutin. (MSN/SON)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA HALAL LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN