INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Gempa Sesar Lembang Lepaskan Energi Tahun 2021 Bikin Heboh, Ini Kata BMKG Bandung

26 January, 2021 09:45 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Gempa Sesar Lembang Lepaskan Energi Tahun 2021 Bikin Heboh, Ini Kata BMKG Bandung

Foto : Ilustrasi

BANDUNG INSPIRA.TV,- Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung memberikan tanggapan terkait gempa Sesar Lembang yang sedang ramai dibicarakan akhir-akhir ini.

 

BMKG menerangkan, Sesar Lembang merupakan sesar aktif dengan panjang sekitar 25-29 km yang terbagi menjadi 3 segmen. Berdasarkan kajian paleoseismik sesar Lembang mengalami pelepasan energi (gempa bumi) tahun 1600.

 

"Jika 3 segmen sesar Lembang bergerak bersamaan akan menimbulkan gempabumi dengan kekuatan maksimum sekitar 6.8-6.9 Mw," tulis akun resmi BMKG Bandung dalam Twitter @bmkgbandung, pada Senin (25/1/2021) kemarin.

 

Pihak BMKG menjelaskan gempa bumi yang terjadi hingga saat ini di area Sesar Lembang terdapat 14 kejadian.

 

"Hingga saat ini, aktivitas gempabumi terakhir yang terekam seismograf BMKG yaitu tahun 2010-2012 sebanyak 14 kejadian. Dari kejadian tersebut hanya 1 gempabumi yang dirasakan (28 Agustus 2011)," tulisnya.

 

Terkait informasi Sesar Lembang yang akan melepaskan energi pada tahun 2021, BMKG Bandung menjelaskan bahwa informasi tersebut  tidak benar.

 

"Gempabumi belum dapat diprediksi, sehingga informasi bahwa tahun 2021 Sesar Lembang akan melepaskan energi yang dikumpulkan sejak 2012 adalah informasi hoaks (tidak benar),"  tulisnya.

 

BMKG Bandung menjelaskan belum dapat memprediksi besaran magnitudo dan waktu terjadinya. Sehingg kabar yang tersiar di media sosial terkait dengan gempa Sesar Lembang di tahun ini itu tidak benar.

 

"Sesar Lembang memiliki potensi kegempaan, tetapi kapan terjadi dan besar magnitudo belum bisa diprediksi. Potensi kekuatan gempa maksimum dapat diketahui, tetapi energi yang dihasilkan bisa saja hanya 40 atau 50 persen dari energi maksimum," kata BMKG Bandung. (MSN/GIN)

You can share this post !

BACA JUGA BERITA INSPIRA LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN