Inspira TV - Beriklan TV Digital

Banjir Bandang Luapan Sungai Cidadap Hantam 3 Desa di Bandung Barat

Nur Azis

27 March, 2020 13:22 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Banjir Bandang Luapan Sungai Cidadap Hantam 3 Desa di Bandung Barat

Foto : Istimewa

KBB INSPIRA.TV,- Beberapa desa yang terletak di  Kecamatan Gununghalu dan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terdampak bencana banjir bandang luapan Sungai Cidadap, Kamis (26/3) kemarin. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian bencana ini, namun puluhan hektar sawah dan rumah di bantaran sungai terendam arus air sungai setinggi 1,5 meter.

 

Hingga kini petugas gabungan dan relawan masih melakukan pendataan cepat dan pembersihan lumpur di rumah terdampak.

 

Camat Gunung Halu, Hari Mustika menerangkan, dari pendataan awal ada tiga desa di wilayahnya terdampak banjir bandang.  Dan sediktinya 15 rumah serta satu pondok pesantren terdampak luapan sungai Cidadap.

 

Bahkan kini ada sekitar 137 jiwa yang terpaksa harus mengungsi ke tempat aman karena bangunan dipenuhi dengan lumpur.

 

“Total 137 jiwa terdampak, ada satu pondok pesantren dengan jumlah santri cukup banyak diungsikan dulu,” kata dia, Jumat (27/3/2020).

 

Saat ini hujan mulai reda dan luapan air sungai mulai surut, pendataan dilanjutkan pada Jumat pagi karena kondisi yang kurang memungkinkan. Petugas gabungan TNI, Polri, BPBD, Tagana dan relawan sudah berada di lokasi.

 

“Kita lanjutkan pendataan dan evakuasi lagi, untuk korban jiwa dari laporan tidak ada,” tandasnya.

 

Sementara itu dari data relawan Trapawana Jawa Barat, menerangkan, ada enam desa terdampak yakni Desa Gunung Halu, Sirnajaya, Bunijaya, Sindangjaya Kecamatan Gunung Halu dan Desa Cibedug juga Cicadas Kecamatan Rongga. (MSN)

You can share this post !