INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Dicibir Keluarga dan Teman, Pria Sulsel Sukses Ciptakan Pesawat dari Mesin 2 Tax

Muh. Imran

20 January, 2020 14:10 WIB | INSPIRA TEKNO

Inspira TV - Dicibir Keluarga dan Teman, Pria Sulsel Sukses Ciptakan Pesawat dari Mesin 2 Tax

Kontributor Sulsel/ Muh. Imran

MAKASSAR,- Seorang pemuda asal Kabupaten Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan, berhasil membuat dan menerbangkan pesawat hasil dari rakitan tangannya, dengan modal liombah dan mesin motor 2 tax.


Pemuda tersebut bernama Chaerul (25). Dirinya berprofesi sebagai seorang montir disebuah bengkel yang terletak di desanya. Ia merakit pesawat model Cessna selama dua bulan.


Bapak dari lima orang anak tersebut berjuang untuk membuat pesawat dari barang bekas. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menerbangkan hasil karyanya di udara. Tak sedikit dirinya menjumpai titik gagal bahkan hampir membahayakan nyawanya sendiri.


"Saya merakit pesawat dengan menggunakan bahan bekas seperti limbah alumunium untuk rangka pesawat , sayapnya terbuat dari kain parasut yang diambilnya dari bekas kain penutup mobil sementara mesinnya ia mengambilnya dari motornya sendiri bermesin 2 tak," ujar Chaerul saat ditemui di Rumdin Wakil Gubernur Sulsel, Kota Makassar, Senin (20/1/2020).


Dia bukan seorang sarjana, bahkan tak lulus dari pendidikan sekolah dasar. Namun otak cerdasnya mampu membuat mental kuat dalam dirinya, meskipun mendapatkan cibiran dari keluarga dan teman-temannya. Pesawat yang dibuatnya ia berikan nama Ultra Light.

"Saya sempat dicibir sama teman-teman dan keluarga saya. Katanya pesawatmu itu mana bisa terbang? tetapi saya tidak dengar itu dan berusaha untuk menyelesaikan pesawat tersebut,"tegasnya.


Semangat dan kerja keras Chaerul akhinrya membuahkan hasil. Ultra Light ciptaannya mampu terbang dengan ketinggian 35 meter. Bahkan sempat melakukan dua kali manuver.


"Alhamdulillah sekarang sudah bisa terbang, dan sempat dua kali bermanuver di langit kabupaten Pinrang," bangganya.


Sementara Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman berharap Pemerintah Indonesia memperhatikan karya anak bangsa asal Sulawesi Selatan.


"Saya berharap , semoga karya Chaerul dilirik oleh Pemerintah Pusat. Jangan biarkan karya anak bangsa hanya sampai disini saja,"tambahnya. (GGP)

You can share this post !

BACA JUGA INSPIRA TEKNO LAINNYA

ARTIKEL PILIHAN