Inspira TV - Beriklan TV Digital

Seorang Warganya ODP Covid-19, Warga Cipinang Melayu Tutup Akses Jalan

Raka Prawira

30 March, 2020 12:10 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Seorang Warganya ODP Covid-19, Warga Cipinang Melayu Tutup Akses Jalan

Foto : Ilustrasi

JAKARTA INSPIRA.TV,-  Warga di Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur, menutup akses jalan dari pemukiman warga menuju jalan raya. Pentupan itu menyusul adalanya salah seorang warga setempat statusnya sebagai ODP Covid-19.  Penutupan akses jalan dilakukan pada hari Senin (30/3/2020).

 

Dengan ini warga hanya membuka satu akses jalan keluar masuk dengan pengawasan ketat. Penutupan menggunakan bahan baja ringan dengan luas kurang lebih 40 meter, dan ketinggian dua meter. Penutupan ini juga seklaigus membatasi keluar masuknya orang lain selain warga setempat. Warga melakukan hal ini demi mencegah tertularnya Covid-19.

 

“Hal ini dilakukan dasarnya untuk membatasi gerak warga atau pun tempat orang berkumpul yang notabene ruas jalan Kalimalang. Semuanya mobilitas warga banyak sekali, jadi untuk mengurangi Covid-19 ini kita mencoba mengetahui dari pihak kelurahan melakukan penutupan jalan-jalan yang ada di wiliyah kita dan kita terapkan satu pintu,” kata Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19 RW 04 Cipinang, Melayu, Eko Arianto, Senin (30/3/2020).

 

Eko menegaskan jika penutupan akses jalan tersebut merupakan hasil dari kesepakatan warga bersama pihak lurah setempat. Warga juga akan melakukan penyemprotan cairan desinfektan dalam waktu dekat.

 

Sementara itu, petugas TNI dan Polri yang mengetahui adanya penutupan akses jalan oleh warga, langsung mendatangi lokasi tersebut.

 

Kasat Lantas Jakarta Timur, AKBP Suhli menyayangkan tindakan warga yang telah melakukan hal tersebut, tanpa adanya koordinasi dengan pihak kepolisian terlebih dahulu.

 

“Ini penutupan jalan inspeksi Kalimalang, akses masuk dari RW 04, Cipinang Melayu jadi akses ini ditutup kemarin sore jam 16:00 WIB. Jadi hari Sabtu ditutup oleh warga atas koordinasi dengan bapak RT, RW dan Lurah. Jadi penutupan jalan ini tidak ada konfirmasi baik dari polsek maupun polres ataupun polda,” tuturnya.

 

Suhli melanjutkan penutupan jalan tersebut dilakukan oleh pihak PT Wika atas permintaa dari warga.

 

“Kemudian pelaksanaannya yang menutup ini dari PT Wika atas permintaan warga. Adapun penutupan ini terkait informasi yang didapat ada satu warga yang sudah ODP Covid-19,” tutupnya. (MSN)

You can share this post !