Inspira TV - Beriklan TV Digital

Kemenhub Usul Lakukan Karantina Wilayah Jabodetabek

Raka Prawira

30 March, 2020 12:57 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Kemenhub Usul Lakukan Karantina Wilayah Jabodetabek

Foto : Ilustrasi

JAKARTA. INSPIRATV,- Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah mengusulkan karantina wilayah perbatasan keluar masuk di Jabodetabek, untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19.

 

Namun untuk keputusan dan teknis pelaksanaannya masih harus menunggu dari hasil rapat, tingkat kementerian dan Presiden RI yang rencananya digelar pada hari Senin (30/3/2020).

 

Menurut Kepala Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Pitra Setiawan, pihaknya telah memberikan usul untuk melakukan karantina wilayah dio DKI Jakarta. Situasi penyebaran Covid-19 yang terjadi saat ini terus bertambah, sehingga perlu adanya langkah lanjutan untuk menekan penyebaran virus.

 

Saat ini pihak Kemenhub telah menyiapkan skenario penutupan akses keluar masuk Jabodetabek.

 

“Jadi itu memang yang kita usulkan opsi solusi disalah satu kabinet teratas adalah melakukan karantina wilayah di perbatasan-perbatasan wilayah di Jabodetabek. Jadi untuk melakukan hal ini tidak bisa sendiri, Jakarta tidak bisa sendiri maka kita lakukan se-Jabodetabek,” jelas Pitra.

 

Ada tiga  area perbatasan yang menjadi titik perhatian untuk dilakukan penutupan. Diantaranya yakni dari dan ke Cikampek, Bogor dan dari dan ke arah Merak. Keputusan ini masih menunggu hasil rapat terbatas tingkat menteri. 

 

“Kemarin itu dari pihak kepolisian sudah melakukan survey ada tiga area atau tiga daerah perbatasan,yaitu arah Cikampek arah Bogor dan arah Merak. Nah untuk pelaksanaannya kita sudah siapkan SOP-nya, keputusan ini kita akan tunggu dari kabinet ratas atau dari pihak istana,” pungkasnya. (MSN)

You can share this post !