Inspira TV - Beriklan TV Digital

Kisah 191 Jamaah Tabligh Akbar Diisolasi Dalam Masjid Setelah 3 Orang Positif Corona

Raka Prawira

31 March, 2020 11:38 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Kisah 191 Jamaah Tabligh Akbar Diisolasi Dalam Masjid Setelah 3 Orang Positif Corona

Foto : Istimewa / Masjid Jami Kebon Jeruk, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, sepi pasca tiga orang warga dinyatakan positif terjangkit virus Corona atau Covid-19.

JAKARTA INSPIRA.TV,- Ada sekitar 191 jamaah dari sebuah Masjid Jami Kebon Jeruk, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, pasca tiga orang warga dinyatakan positif terjangkit virus Corona atau Covid-19. Hal itu diketahui berdasarkan hasil dari rapid test oleh petugas Suku Dinas Kesehatan.

 

Camat Taman Sari, Risan Mustar mengatakan, ketiga jamaah itu berasal dari Sumatera.

 

"Berdasarkan rapid Tes ada tiga orang yakni AZ asal Langsa, Aceh. MJ asal Aceh dan BH asal Medan," katanya kepada wartawan, Selasa (31/3/2020).

 

Untuk mencegah penyebaran meluas, sebagian anggota jemaah yang sebelumnya diisolasi di Masjid Taman Sari, Jakarta Barat, sudah dipindahkan ke Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Kemayoran. Sekitar 124 anggota jemaah dibawa ke rumah sakit darurat, menggunakan dua bus. Menurut pengurus RW setempat, jemaah yang dipindahkan adalah Warga Negara Indonesia. Sementara jemaah warga negara asing masih berada di Masjid Jami Taman Sari. Sementara itu situasi warga hingga kini terpantau sepi bahkan nyaris tidak ada aktifitas warga di luar rumah.

 

Mereka yang diisolasi ditetapkan sebagai orang dalam pemantauan, pasca tiga rekannya dinyatakan positif Corona.

 

Sebelumnya diberitakan ada 191 jamaah yang ada dalam masjid dilakukan karantina atau diisolasi, dengan status orang dalam pemantauan (ODP) Corona. Mereka dijaga ketat aparat. Para jamaah terdiri dari 111 warga Indonesia, dan 80 jamaah asal negara lain.

 

"Sisanya diisolasi, jamaah yang berkumpul tidak boleh keluar masuk, jadi mereka ODP. Situasi masih dijaga polisi dan TNI. Nanti tanggal 7 (April 2020) diperiksa lagi, kalau tidak ada perubahan ya aman," ungkapnya.

 

Diketahui masjid kawasan Kebon Jeruk tersebut sering menggelar kegiataan, di mana jamaah yang hadir bukan hanya dari Indonesia, namun dari berbagai negara seperti Thailand, India, Pakistan hingga jazirah Arab.

 

"Memang setiap hari ada kegiatan, masjid jami itu memang banyak kegiatan dari Jambi, dari Lampung Sampai dari warga negara asing, Pakistan, India Thailand," tutupnya. (MSN)

You can share this post !