Inspira TV - Beriklan TV Digital

Tanggul Sungai Cusunggalah Jebol, Rumah Warga Rusak

Agustian Putera

31 March, 2020 14:36 WIB | BERITA INSPIRA

Inspira TV - Tanggul Sungai Cusunggalah Jebol, Rumah Warga Rusak

Foto : Ilustrasi

KAB.BANDUNG INSPIRA.TV,- Tanggul Sungai Cusunggalah di Kampung Muara RT 02/RW 02, Desa Panyadap, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat kembali jebol, pada Senin (30/3) sekitar pukul 20.30 WIB malam kemarin. Jebolnya tanggul dengan lebar sungai antara tiga sampai empat  meter dengan kedalaman rata-rata dua meter telah terjadi kesekiankalinya.

 

Akibat jebolnya tanggul, beberapa rumah warga mengalami kerusakan berat. Bahkan dua di antaranya ambruk dan rata dengan tanah akibat diterjang derasnya air. Jebolnya tanggul menyisakan endapan lumpur dan barang-barang berharga milik para korban banjir yang mengalami kerusakan.

 

Tragedi jebolnya tanggul Sungai Cisunggalah itu menjadi perhatian warga sekitar. Pemerintah setempat pun turut membantu warga yang terdampak jebolnya tanggul tersebut. Iwan, warga setempat mengaku prihatin dengan terus berulangnya kejadian tanggul jebol.

 

"Mudah-mudahan Allah SWT memberikan kesabaran keikhlasan bagi warga yang terdampak. Mudah-mudahan Allah SWT memberikan jalan keluar dari setiap masalah yang kita hadapi," kata Iwan.

 

Iwan mengungkapkan dampak banjir bandang itu, sejumlah rumah warga mengalami rusak berat. Jauh hari sebelum memasuki musim penghujan, imbuh Iwan, warga sebenarnya sudah berinisiatif melakukan upaya antisipasi terjadinya luapan dari sungai.

 

Warga khawatir sungai sudah tak kuat lagi menampung volume air yang makin besar.

 

"Apalagi kondisi sungai yang sudah dangkal dan sempit. Ini akibat banyaknya alih fungsi lahan di bagian hulu Sungai Cisunggalah, sehingga aliran air sungai sangat deras dan tanggul sungai tak mampu menahan derasnya aliran air," jelasnya. (GGP)

You can share this post !