INSPIRA PROGRAM LIVE TV
Inspira TV - Beriklan TV Digital

Mau Gali Tanah untuk Septic Tank, Eh Warga Nemu Tumpukan Candi

Irfan Wahyudi

23 January, 2020 20:00 WIB | INSPIRA TRAVEL

Inspira TV - Mau Gali Tanah untuk Septic Tank, Eh Warga Nemu Tumpukan Candi

Foto : Irfan Wahyudi

BANJARNEGARA,- Awalnya sedang menggali tanah untuk membuat septic tank, namun warga malah dikejutkan dengan temuan struktur bangunan yang diduga mirip bangunan candi.


Temuan struktur bangunan yang diduga candi di Dieng tersebut ditemukan Alif Fauzi, warga Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.


"Awalnya kami sedang menggali septic tank saat membuat rumah budaya. Pada saat itu kan ada penggalian tanah, saya kaget menemukan batuan kecil. Saat digali lagi ternyata berbentuk struktur bangunan," terang Alif kepada wartawan, Kamis (23/1/2020).


Alif menyebut lokasi penemuan tumpukan batuan diduga candi ini merupakan bekas kebun kentang. Namun beberapa kali mencangkul untuk digarap kebun kentang, belum ditemukan tanda-tanda terdapat susunan batu.


Sementara itu, menurut Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Pengelolaan Obyek Wisata Dieng, Aryadi Darwanto, menyebutkan, penemuan situs tersebut hanya berjarak 700 meter dari penemuan arca Ganesha pada akhir 2019.


Aryadi mengatakan, situs struktur bangunan tersebut ditemukan di kedalaman 50 sentimeter dari permukaan tanah. Diduga tumpukan batu tersebut merupakan bagian struktur kaki candi.


"Masih indikasi bahwa ada batuan berlapis, yakni ada sembilan lapis ke bawah. Kalau darmasala biasanya hanya 3-4 lapis," terang Aryadi.


"Selain susunan batu purbakala, juga ditemukan cerat yoni. Bisa jadi ini bukti penguatan bahwa bangunan itu adalah candi," lanjutnya


Aryadi melanjutkan, cerat yoni merupakan pasangan dari lingga, yakni simbol dari Dewi Parvati. Biasanya, saat melakukan ritual atau upacara di candi, air dituangkan di lingga yang merupakan simbol dari Dewa Siwa.


"Air tersebut kemudian mengalir ke cerat yoni sebelum kemudian ditampung untuk menyucikan diri," paparnya.


Dari hasil analisa Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah beberapa waktu lalu memastikan, struktur batu yang ditemukan warga merupakan bangunan candi, yang diperkirakan dari abad ke tujuh, seusia dengan beberapa candi yang ada di Dieng. (MSN)


You can share this post !

ARTIKEL PILIHAN